Friday, September 18, 2015

Share - Cara Berbelanja Barang / Kosmetik dari Luar Negeri dan Tanya Jawab

Aku menulis post ini buat teman-teman yang mau tau gimana caranya berbelanja online dari luar negeri, atau istilah online shopnya preorder.



Well, kalo kalian pernah baca postinganku tentang Clio Lipnicure seharga cuman seratus ribuan lebih dikit (dibanding harga jual online shop yang waktu itu mencapai Rp 180.000), atau review-ku tentang lip stain merk Astor dari Jerman, mungkin ada di antara kalian yang bertanya belinya di mana, harganya, dan pembayaran bagaimana?




Aku beli dari luar negeri, beli sendiri, tanpa preorder dari online shop manapun. Dan belanja-belanja online ini aku sudah sering banget semenjak tahun 2012, sebelum mulai ngeblog.

Jadi, sebenarnya ada 2 cara membeli merk kosmetik dari luar negeri yang belum ada counternya di Indonesia, dan pembahasanku ceileee ini gak hanya soal brand dari Korea, tapi bisa brand dari mana saja, asalkan dari luar Indonesia dan gak ada counternya di sini. Kalo sudah ada counternya di Indonesia, aku sarankan kalian membeli secara resmi, daripada capek-capek preorder sendiri dari website luar negeri.

Mahal? Relatif kok, contohnya untuk brand Laneige itu malahan lebih mahal kalian import sendiri dari Korea dibandingkan beli di counter resmi. Untuk high end cosmetics, aku sendiri lebih suka beli di counter karena harganya sama saja jatuhnya, kecuali untuk brand drugstore (kayak LA Girl, City Color, Rimmel) memang lebih murah dari luar negeri.

Online shop lokal juga banyak yang jual, tapi untuk rekomendasi online shop kalian bisa cari sendiri di google atau review beauty blogger yang lain, karena jujur saja aku termasuk jarang berbelanja kosmetik luar dari online shop. Aku lebih sering import sendiri. Jadi kali ini aku bahas belanja-belanja dari luar negeri saja ya.

Ini beberapa list tempat berbelanja rekomendasi aku. Oh iya, di sini barangnya gak hanya berupa kosmetik saja, aku sering banget belanja barang selain kosmetik, contohnya akesoris, baju, tas, bahkan beli elektronik dari luar negeri, yang intinya tidak bisa kita beli dari Indonesia.

1. Ebay.com

Ini pilihan yang bagus buat yang mau single order, atau beli item satu macam saja. Saran aku sih kalo dari ebay mendingan order kosmetik dari Korea, karena kebanyakan seller Korea menawarkan free shipping. Kalo dari US, ongkirnya lumayan mahal.

2. Amazon.com

Amazon gak terlalu banyak menjual kosmetik, lebih banyak buku, dan dvd. Kalo beli buku di sini 1 buku ongkirnya kena $9.98. Lumayan mahal, tapi worth kalo buku yang kalian cari itu gak ada di Indonesia.

3. Bookdepository.com

Ini favorit aku kalo beli buku, karena free shipping worldwide. Pengiriman dari sini tidak ada trackingnya, jadi sabar saja menunggu.

4. DHGate.com

Ini tempat favorut aku belanja baju pesta, bahkan banyak yang suka nitip order gaun pengantin di sini. Mungkin buat kalian yang tinggal di kota besar seperti Surabaya, Jakarta, Medan, membeli baju pesta bukanlah hal yang susah, bahkan banyak persewaan baju yang harganya kompetitif. Tapi sebagai orang yang besar di daerah, menurutku cari baju pesta, atau gaun pengantin yang modelnya lucu-lucu tuh susahhhh, kalo ada pun modelnya emak-emak banget, kadang kalo ukuran badan gak standar, atau plus size welehhhhh itu penderitaan banget karena susah cari baju.
Jadi salah satu alternatifnya ya berbelanja online, toh kualitas yang kita dapat sesuai dengan harganya. Oiya di DHGate ini ada seller yang bisa guarantee shipping dalam waktu 48 jam saja, jadi cukup rekomen buat kalian yang butuh barang urgent.
Selain baju juga banyak barang yang bisa dibeli di sini, contohnya elektronik, spare parts dll.

5. Testerkorea.com

Ini favorit aku belanja kosmetik dan skincare Korea, karena selain menyediakan produk yang sangat lengkap (jangan tanya aku perbandingan sama harga di Korea, jujur aku belum pernah ke Korea), di testerkorea juga jualan sample biasanya per 10 pcs. Lumayan, harganya jauh lebih murah dibandingkan harga full size-nya. Ongkirnya ada standard airmail, dan EMS.
Untuk payment bisa cek di sini, sedangkan ongkirnya bisa cek di sini.

5. www.stylekorean.com

Belanja di sini kurang lebih sama kayak testerkorea, tapi setauku sekarang udah ga ada standard shipping lagi, minimal EMS.

6. http://beautynetkorea.com/

Ini juga sama, tinggal pilih-pilih saja mana yang sedang diskon hahaha...

Tanya jawab:


Apa yang perlu dipersiapkan sebelum berbelanja online?
Sebaiknya kalian register akun di website tersebut, supaya memudahkan untuk mencari item di cart, dan mengecek status pengiriman. Dan tentunya list belanjaan apa saja. Kalo aku sih seringkali kalap, mau belanja cuman $20 malah jadinya $50.

Metode pembayaran?
Rata-rata menggunakan kartu kredit dan paypal. Bisa juga pake transfer bank, tapi transfer keluar negeri biayanya mahal bisa $30 -___-

Estimasi barang sampai?
Sekitar 4-6 minggu, kadang ke daerah bisa sampe 2 bulan. Ini estimasi untuk standard shipping via kantor pos, tapi kantor pos Indonesia kadang-kadang gak jelas. Pernah paket seminggu sudah sampe, kadang bisa lewat dari 1 bulan, kadang udah 1 bulan lebih di bea cukai gak keluar-keluar.

Free shipping, beneran free?
Iya, paling bayar biaya bungkus pos sekitar 7-10 ribu saja. Kebanyakan ga pake tracking kalo free shipping ini.

Pajak dan biaya tambahan?
Ada, untuk order di atas $50 sesuai ketentuan bea cukai. Jika kalian pilih metode pengiriman EMS, DHL, Fedex, UPS, sudah pasti kena pajak. Ingat biaya kena pajak itu adalah harga barang + ongkir, jadi ongkirnya juga dihitung. Kalo di bawah $50 gak kena pajak kok.

Kalo masalah pajak sih pilihan kita tinggal bayar atau tidak. Tapi menurutku yang paling krusial adalah ketika kita belanja makeup dimintain ijin BPOM (padahal BPOM tidak mengeluarkan ijin untuk importir pribadi), yah kalo kayak gini sih pilihannya hanya meretur barang kepada penjual saja. Tenang saja, aturan ini hanya untuk pembelian kosmetik saja, kalo kalian beli handphone, elektronik, spare parts, gak akan kena ijin BPOM kok.

Intinya sih risiko berbelanja online dari luar negeri itu tetap ada (khususnya kosmetik) entah itu paketnya hilang, kena ijin BPOM, atau pajaknya mahal hahaha. Tapi aku sendiri tetap senang berbelanja di luar negeri, karena banyak produk yang dijual itu gak ada di Indonesia, dan sensasi menunggu paket yang datang itu tidak tergantikan oleh perasaan apapun. 

Aduh, males sis, ribet!
Kalian bisa pake jasa personal shopper, atau jasa order yang banyak banget beredar di pasaran.
Aku sendiri membuka jasa order dari website luar negeri di sini, ini bukan promosi jadi yang berkaitan dengan jasa order silakan langsung kontak ke website tersebut. Jasa order ini akan banyak berguna buat kalian yang males ribet, dan gak punya kartu kredit / paypal sendiri.

Pertanyaan lain?
Silakan tinggalkan pesan di kolom comment, aku pasti akan jawab setiap comment yang masuk :) nanti pertanyaan penting-penting akan aku update di post ini, namanya juga manusia pasti ada yang ketinggalan hehe.




See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

177 comments:

  1. Wow, this is super helpful! Thanks for sharing :)

    Kalo masalah ijin bpom misal kita cm beli 1-2biji apa tetep bisa kena ya? Dr bbrp kali belanja kosmetik pernah brp kali kena masalah ijin bpom?

    MissEphifany.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak pernah kena, customer yang pernah kena. Kalo beli 1-2 biji selama gak dicek sama bea cukai lolos kok.

      Delete
  2. Bea cukai sini gak jelas gitu sih ya, pengalaman aku ada yang sampai ke rumah ada yang mestu di retur dan gak tau kebetulan apa gak yang selalu harus retur itu paket dari US -_____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tidak ada aturan mengenai barang impor yang belum ada di indonesia -____-

      Delete
  3. Kakkk, masih bisa orderin barang2 dari korea gaa? Lokasinya dimanaa? ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, kontak aja kesini http://jasaebay.16mb.com/contactus/

      Delete
  4. Hi,

    Saya beli 3 deodorant merk Roc, skrg tertahan di bea cukai. Katanya tdk ada ijin bpom. Mereka bilang akan di retur. Tp saya kok gak percaya. Apakah ada cara lain utk menebus deodorant saya ? Mgkn bisa bantu saran. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada cara lain. Retur saja daripada barangnya dimusnahkan oleh bea cukai

      Delete
    2. Halo cphan24, apakah kamu jadinya retur Deo roc? Aku juga nih lg kena ijin bpom. Padahal hadiah giveaway Dr Korea *sigh* gak rela bgt mesti diretur :(

      Delete
  5. Halo, post nya membantu bgt. Kebetulan aku lg nunggu orderan dari US. Mudah2an ga ketahan di bea cukai soalny di invoice > 50$ tp krna diskon jd <50$. Itu biasanya klo uda dateng Indo tar kita dikontak sama bea cukainya ya say? Kalo ngitung pajaknya gimana sih say?
    Semoga bs jawab ya. Thank you so much...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih kalo dibawah $50 langsung diantar ke alamat. Pajak ga kena dibawah $50

      Delete
    2. Hai Syanne, apakah barang mu kena pajak? soalnya aku juga lagi nungu barang dr korea nih. Thanks

      Delete
  6. ka kalau diatas $50 dan kena pajak bayar pajaknya gimana ya? apakah kalau ada hal2 yang tidak diinganka terjadi kita akan dihubungi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayar di kantor pos, ada loket resminya. hal-hal yang tidak diinginkan itu seperti apa ya?

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Aduhhhh baru Tau klo ad larangan kaya gt, kmr psen 5 biji essence barang yang sama lagi. Hixsss gmn klo ditahan bpom...huhuhuuuu knapa sih susah amat disini tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tentu ditahan karena gak ada bpom kok dear :) ditunggu saja

      Delete
  9. Aku kemarin juga habis beli d os usa..makeup pula tapi ga sampai 50us barang dshipping tanggal4 januari tapi samppi sekarang belum sampai ke tangan biasanya nyasar dimana ya? Bisa bantu jawab? Karena sampai saat ini saya tidak mendapat konfirmasi number of trackingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo barang kecil biasanya pengiriman menggunakan pos,karena selain pos seperti DHL, fedex pengirimannya cepat tidak mungkin sampai 1 bulan. Dari US kalo pos yang murah memang trackingnya tidak bisa dilacak jadi ditunggu saja memang lama pengirimannya

      Delete
    2. Hehe iya kemarin pilih ny ongkirny paling murah..jadi lama y..biasany pe berapa bulan?
      Udah konfirmasi by email k cs nya bilang sampainy tgl25 januari..tapi ni sudah lewat bulan belum sampai juga��

      Delete
  10. Saya beli kosmetik dari amazon, sabun wajah dg harga 16 dolar, ditahan d bea cukai karena pelarangan impor kosmetik perorangan, saya tanya gmna kalau minta diretur, mereka bilang saya hrs byr biaya pengirimanx 490rb. Akhirnya saya memilih mengikhlaskan aja. Hikz hikzz.. pihak bea cukai nya g membantu memberi solusi, sprt memaksa saya utk merelakan barang tsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai pengiriman apa? Kalau pos tidak kena biaya

      Delete
  11. Saya beli kosmetik dari amazon, sabun wajah dg harga 16 dolar, ditahan d bea cukai karena pelarangan impor kosmetik perorangan, saya tanya gmna kalau minta diretur, mereka bilang saya hrs byr biaya pengirimanx 490rb. Akhirnya saya memilih mengikhlaskan aja. Hikz hikzz.. pihak bea cukai nya g membantu memberi solusi, sprt memaksa saya utk merelakan barang tsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo cafe Daun, boleh tau kelanjutan masalah kamj ini gmn? Soalnya aku jg kena. Paket Dr Korea ditahan dgn alasan gak ada ijin BPOM. Pilihannya hanya retur. Jd retur kita jg yg bayar ya? Kalo diiklaskan enak bgt mereka yg pakai yah.. Huhu :((

      Delete
    2. Sis Mellysa,

      Aku jg kesandung masalah yg sama, pesan kosmetik dr korea, dan ga lolos bea cukai krn ga ada ijin BPOM. Pihak bea cukai jg menyarankan untuk retur, dan aku udh mengirimkan form retur yg sudah di isi ke pihak bea cukai melalui email. Sekarang lagi menunggu berita lanjut, karena kebetulan sekarang semua orang sedang cuti bersama krn idul fitri...jd aku hanya bisa berharap barangnya cepat diretur dan uangku segera dikembalikan oleh seller... *sigh*

      Delete
    3. Iyayah kalo skrg gini ngurusnya ribet krn udh mau libur besar. Btw kalo lama returnya tergantung paket kamu dikirim kesininya pake apa juga kali yah? Aku belum ngurus retur sih. Tp pas nanya, kata petugas krn dikirim via kapal, dikirim balik ke korea juga bakal via kapal yg lamanya +/- 1 bulan.

      Delete
    4. Hai Snow dan Mellysa..
      Bagaimana kelanjutan masalah kalian?
      Aku juga baru order barang dr korea (cream, masker) dan dr singapore (lipstick nyx, rimmel, etc 60$)
      Ngeri banget kalo harus retur :(

      Kalian gimana jadi retur kah? Please info yah..makasih

      Delete
    5. Hai Reni Fitriah,

      Punyaku udh diretur dan barangnya udah sampai ke pihak seller kembali. Aku dapat email pemberitahuan dari Customer Service dr pihak seller yang menyatakan kalo barang retur aku udh mereka terima, Dan uang aku udh dikembalikan.

      Perlu cukup kesabaran sih nunggu proses returnya. Jangan sampe nyerah untuk follow up ke pihak bea cukai karena kalo kita hanya berpedoman pada informasi tracking di website, websitenya jarang di update dan aku telfon ga pernah diangkat. Lebih baik kontak pihak bea cukainya lewat email langsung.

      Delete
    6. Hai Snow,

      Thank you info nya. Kalau boleh tau kamu order apa yah? Dan total brp USD?

      dan saya boleh minta kontak mu? whatsapp/line kalau boleh.

      Thank you

      Delete
    7. Hai Reni Fitriah,

      Boleh Sist, add line aku aja @yukivitria :)

      Delete
    8. hai Reni, sori yaa lama banget balasnya. Gimana barangmu sekarang?
      kasusku agak beda nih karena paketku yang ketahan tuh hadiah giveaway instagram dari KorSel. Awalnya udah berkali-kali email bc tp gak keliatan titik cerah, ikutan thread juga di femaledaily dan gak ada yg bisa bantu. Akhirnya aku samperin aja kantornya di pasar baru krn penasaran. Tetep aja loh gak membuahkan hasil :'(( sempet ada orang yg nawarin bantu jalur belakang di sana. Tapi dia mundur pas tau kode paketku krn katanya paketku besar banget bisa 2-3 kg dan dia gak berani ngeluarin. Sampe sekarang belum aku urus lagi. Mau retur juga malu banget udah mau setahun sejak hadiahnya nyampe jakarta.

      Delete
  12. Thanks kak udh share, klo aku menurut ku masalah yg bikin ribet cuma 1 tax nya itu lho -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tax itu memang kewajiban kita bayar sesuai peraturan yang berlaku :)

      Delete
  13. Hi boleh tanya kalau mau retur kosmetik ke negera asalnya cukup pakai form dari bea cukainya atau buat surat sendiri lg ya yang menyatakan ingin retur dan uang kembali?

    ReplyDelete
  14. Hai dear. Thank you udah share infonya ya.

    Aku baru mau bisnis ol shop rencananya dan mau ambil barang dr Korea dan UK. Jadi untung-untungan nih ya jatohnya kena cek bea cukai apa ngga? msh bingung euy gmn caranya masukin barang less than 10kg/bulan tanpa tertahan.

    any suggestion?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sis, ke line aku aja innova.c atau whatssap +62 858 1133 7880

      Delete
  15. kak, paaket makeupku juga ketahan di bea cukai karna masalah bpom:( hiks. aku pengennya retur ke os luar negri nya aja. kira2 pengiriman dr sini ke sana butuh biaya berapa kak?:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. setauku sih ga bayar untuk re-ekspor nya. tinggal isi form saja nanti akan kembali dengan tracking yang sama

      Delete
    2. Sis Innova,

      Pernah pengalaman ngeretur paket kosmetik ga? Biasanya proses retur dr Indonesia ke Korea itu berapa lama ya? Karena aku jg kesandung masalah yg sama nih...paket kosmetik pesanan aku ketahan krn ga ada ijin BPOM dan aku udh isi form dan kirim balik ke bea cukai via email, tp pas aku cek trackingnya di website, belum ada progress sama sekali. Barangnya masih ada di Indonesia :(

      Delete
  16. kak innova,,,padahal saya ada rencana mau beli kosmetik lipstik romantic bear dari ali exprees...dengar comment pada di tahan bea cukai jadi takut...soalnya untuk di jual kembali...kalau menurut kakak bisa di tahan bea cukai...terus web tokope*** itu semua barangnya dari mana asalnya ya kak ??? mohon di jawab ya kak...thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo beli 1-2 pcs sih gak ketahan biasanya

      Delete
  17. kak innova,,,padahal saya ada rencana mau beli kosmetik lipstik romantic bear dari ali exprees...dengar comment pada di tahan bea cukai jadi takut...soalnya untuk di jual kembali...kalau menurut kakak bisa di tahan bea cukai...terus web tokope*** itu semua barangnya dari mana asalnya ya kak ??? mohon di jawab ya kak...thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo itu mungkin pakai jasa pengiriman barang yang bisa mengurus all in sama bea cukai-nya

      Delete
  18. share pengalaman saja ya

    gw sudah 2x belanja di strawberry net dan keduanya barang yang jelas2 banget kosmetik. Barang tsb ga di tahan oleh pos Indonesia. Okay gw pikir aman dong. Akhirnya gw memesan lagi shampoo dan foundation (2 batch berbeda). Shampoo sampai ke Jakarta tanggal 1 april dan sampai skrg ditahan di bea cukai dengan alasan ga ada ijin BPOM. Apes banget ga sih, gimana coba gw bisa dapat ijin BPOM? Gw skrg hanya menunggu cemas bagaimana foundation gw bisa nyampe ke tangan gw. Sebaiknya saran gw sih ga usah online shop dari luar daripada resiko ribet begini, udah keluar duit ribet barang pun hilang. Aselik nyesel mending PO bayar 30% lebih mahal tapi barang ditangan gw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ijin BPOM memang barangnya mau gak mau diretur saja

      Delete
    2. Dear Rahayu, kelanjutan masalah mu gimana? Apa harus retur? Aku juga pengen coba di strawberry.net deh. Kalo beli cuma 3 lipstick kena gak yah?

      Delete
  19. yeap saran tokonya sih begitu, but gw sendiri blom cek biaya returnya brp (if any) dan dari dokumen yg gw kudu provide oh lawrdddd such a hassle :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rahayu, jadinya foundation dan sampo kamu dari strawberry.net retur kah?

      iya aslik, sekali kena sandung gini males banget mau coba belanja lagi haha.
      padahal 2-3 tahun dulu agak-agak lebih lancar jaya belanja onlinenya :D

      Delete
  20. hai sis, really nice info. saya lagi berniat buka online shop jualan kosmetik luar negeri, lg nyari2 info cara mendatangkan barangnya dari luar ke indo. ternyata ribet ya, kalo mau ngurus surat ijin bpom kan saya importir pribadi itungannya, apa tetep harus urus jg? deg-degan jg kalo tiap mau stock barang dari luar cuma bisa ngarep ga kena tahan. gimana ya solusinya sis? thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau impornya dari brand US, korea, atau negara mana?

      Delete
    2. Hai sis aku juga se ide sama aldo andrea pengen buka kosmetik online shop antara brand korea atau us, tapi stelah baca artikel ini kok bnyak yg ketahan ya sis? Trus online shop indonesia yg sprti b*aut*ha*lin** atau m*k*upp*c*no yg masukin brand terkenal dari US itu gmna caranya ya mreka bisa stock sebanyak itu, psan sndiri atau mreka punya supplier rahasia ya hehe kasi saran dnk sis, makasiii

      Delete
    3. pakai jasa pengiriman yang bisa masukkin kosmetik, tapi aku ga tau yang recommended dan trusted yang mana karena belum pernah kalo dari US

      Delete
    4. Sis @Innova, kalo jasa pengiriman yg bisa masukin kosmetik dari korea, ada rekomendasi ga? :) tks b4...

      Delete
  21. Siang Ka Innova, jadi cara nya kalau mau impor kosmetik harus punya SIUP ya? Kalau ijin BPOM sendiri itu mksdnya gmn ya? Mohon bantuannya ya. Makasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau impornya dari brand US, korea, atau negara mana? ga semua brand bisa kita masukkin resmi kalo sudah ada importirnya

      Delete
  22. apakah parfurm dihitung sbg kosmetik kak? makasih sblmnya:)

    ReplyDelete
  23. halo kak, aku mau nanya kl beli barang di website kosmetik korea, ada taxnya ga? thx before😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. websitenya yang mana? coba lebih spesifik lagi soalnya banyak pilihan web buat belanjanya

      Delete
  24. Kak, aku mau tanya dong. Aku sempet baca beberapa artikel tentang aturan bpom tahun 2014 yang katanya kita gabisa impor kosmetik buat pemakaian pribadi... Itu beneran berlaku kak? Aku udah terlanjur impor kosmetik dan belum sampe:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. aturan BPOM itu memang benar, dan berlaku. Impor dari web mana? :)

      Delete
    2. Aku impor dari beautynekorea kak:'( wah... Bakal sampe dengan selamat ga ya hiks hiks...

      Delete
  25. hay kak, aku pengen buka ol shop makeup korea kak..

    yang aku takut, bisa ketahan di bpom gitu..jadi aku harus belanja less than $50 untuk ga ketahan di bpom nya atau gimana?

    makasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. No, aturan belanja less than $50 itu hanya supaya tidak kena pajak bea masuk, gak ada hubungannya sama BPOM.

      Delete
  26. Kak kalau misalkan mau impor kosmetik kayak etude, tonymoly, face shop pokoknya yang udah terkenal gitu kira kira bisa kena bpom nggak ya kak? Makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  27. Kak, aku baca comment disini banyak yang ketahan gegara gaada ijin bpom nya.. aku jadi takut kan aku mau belanja di website alth*a.. website baru gituu dari koreaa dan itu cosmetic and beauty care semua yang mau aku pesen.. jadi takut ketahan gegara masalah bpomnya kak.. menurut kakak kalo dari website itu aman gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Alth*a aman sis. Aku udh pernah nyoba belanja di sana, barang sampe 5 hari setelah tanggal transaksi. Tp dulu aku belanja di sana sekitar 300 ribu. Ga tau jg kalo belanja di atas 650 ribu bisa kesangkut di bea cukai atau ga.

      Delete
    2. aku beli di althea habis 1,3 enggak kena, soalnya pake ecargo, kl ecargo katanya sih ga kena bea cukai langsung dianter ke rumah via tiki

      Delete
  28. kak rencananya aku mau beli innisfree green tea serum, cream sama facial wash total kurang dari $50 melalui air mail. kira2 kemungkinan ditahan bea cukai ga ya kak ? trus aku bingung seller indonesia yang jual barang import itu belanja biasanya kurang atau lebih $50 ya kak ? ko bisa ya barang pasti ada sesui harga diseller tanpa ada masalah bea cukainya ? apakah ada surat ijin atau bagaimana kak ?
    kalo pesenan aku ga ada masalah sih pingin di bisniskan juga hehe

    ReplyDelete
  29. Kalo aku biasanya belanja di silahQan.com tau dari temenku, pas liat eh beneran murah - murah disana..

    ReplyDelete
  30. kak beli di bookdepository nyampenya berapa lama sih? aku udah sebulan tapi ga nyampe-nyampe, udah ngubungin CS nya terus katanya bakal dikirim ulang, takut ilang lagi deh walau dikirim ulang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bookdepo lumayan cepet kok biasanya, gapapa sih kalo ga urgent dikirim ulang aja

      Delete
  31. Ada saran nama-nama seller ebay yang pengalaman purchase-nya lancar? Aku sih udah pernah coba seller rinishop dan aman aja, paketnya ditulis gift: stationary, jadi ga ketahan gara-gara izin bpom. Sekarang pengen coba seller lain soalnya di rinishop item yg kucari gaada. Ada saran? Atau ada pengalaman beli di seller roseroseshop atau bringbringshop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Eva,
      rinishop itu punya org indo? kalo ditulis gift/stationary gitu berarti paketnya ga dibuka sama bea cukai yah? boleh minta id line mu mba? Hehe makasih :)

      Delete
  32. Ada saran nama-nama seller ebay yang pengalaman purchase-nya lancar? Aku sih udah pernah coba seller rinishop dan aman aja, paketnya ditulis gift: stationary, jadi ga ketahan gara-gara izin bpom. Sekarang pengen coba seller lain soalnya di rinishop item yg kucari gaada. Ada saran? Atau ada pengalaman beli di seller roseroseshop atau bringbringshop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sampe nama seller2nya ga hafalin sih...bisa tulis di note kalo minta ditulis acc kan :)

      Delete
  33. hallo kak, saya minat dong, kebetulan pacar ane nanya2 jasa buat beli makeup gitu dari web luar. ada line gk kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk line bisa dilihat di bagian contact ya

      Delete
  34. Selamat malam, saya mau tanya apakah ada jumlah pembelian barang yang dikenakan pajak bea cukai?
    Saya rencana mau beli barang non kosmetik dengan jumlah 10 buah, harga dibawah 50 USD, apakah ini dikenakan pajak bea cukai juga?
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  35. Selamat malam, saya mau tanya apakah ada jumlah pembelian barang yang dikenakan pajak bea cukai?
    Saya rencana mau beli barang non kosmetik dengan jumlah 10 buah, harga dibawah 50 USD, apakah ini dikenakan pajak bea cukai juga?
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  36. Hai aku kan mau mulai bisnis online rencananya aku mau impor makeup dari korea tapi aku masih binging masalah permasalahan bea cukainya ,nanti jatuhnya pajaknya berapa? Boleh minta info?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dikira2 saya juga tidak bisa menjawabnya. bisa kontak ke link jasa order yang saya post di atas

      Delete
  37. Bln juni yg lalu sya coba beli kosmetik Korea via q0010 Indonesia, dbwah $50. Kbtulan dpt voucher 50rb(anggap aja sbg ongkir) krna ongkirnya 50rb pke Qexpress. Dan barang datang diantar kurir sampe rumah tanpa tambahan biaya lg.

    Di bulan yg sma sy jg bli jaket dr cina via q0010 indonesia jg, harga dbwah $50. Diantar pak pos smpe rmh dan bayar Bea Lalu Bea 20rb (emg di Fan Page resmi Pos Indonesia sudah dijelaskan skrg 20rb, dulu 7rb)

    ReplyDelete
  38. Saya be dpt pemberitahuan via sms klo paket saya dr wishtrend di hold krn ga ada bpom. Apa bs dibantu utk releasenya sis? Thanks

    ReplyDelete
  39. Hai sist ikut tanya yaa :)

    agar aman kan pada intinya kita harus memiliki ijin bpom (untuk yg udah punya siup) nah semisal saya belanja 30 brand dari USA / Korea untuk saya jual lagi di toko saya. Apakah 30 brand itu harus di daftarkan terlebih dahulu di Bpom atau gimana yaa ? hmm... saya hanya penasaran bagaimana toko online seperti makeupuccino (dot) com atau ivabeaute (dot) com , bebeautyindo (dot)com dan beautyhaulindo (com) bisa memiliki brand2 luar sebanyak itu tanpa terhambat di cukai. hehehe. thank you so much

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada jalur import door to door yang spesialis khusus barang kosmetik dan tidak membayar pajak. :) tapi masukkin barang spt itu tidak saya sarankan

      Delete
  40. Hai sis , aku rencananya mau coba belanja WIG kenegaranya langsung, kayak wig Galbanara gtu , tapi bingung gimana caranya..
    Ngilernya tu gara gara banyak yg bilang kalo ke negrinya langsung lebih murah dari pada PO di olshop..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo belanja dalam jumlah sedikit lebih baik ke reseller yang di sini aja, biasanya eceran walaupun ambil dr negara produsen harganya ngga lebih murah

      Delete
  41. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  42. Kak,ada referensi belanja fashion online dari koreanya langsung gak kaak?kakak pernah gak di bongjshop?atau yang lainnya. Makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. fashion belum pernah, karena kalo langsung dr korea harganya cukup mahal

      Delete
  43. Hallo Kak Nova,

    saya mau bertanya nih, saya memesan lipstick colourpop di website aslinya dan belanja sekitar 58$ dengan free international shipping. Kemungkinan apakah akan kena pajak dan ketahan di bea cukai? pengiriman dengan UPS.

    mohon dibantu jelaskan kak. thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. UPS masih bisa lolos ngga diminta bpom, karena dulu saya pake UPS sih aman-aman saja dibanding DHL atau fedex

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  44. Halo ka nova, mau nanya, kl mau beli samyang dengan jumlah banyak lewat ebay bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah ada yang order samnyang ke saya ya. kalo bpom nya sih udah ada samyang setau saya.

      Delete
  45. hai kak !
    btw, aku mau mulai buka lapak nih..
    kalau beli dengan jumlah banyak kira2 akan terkena masalah di bea ga ka?
    aku rencana mau order di http://www.allcosmeticswholesale.com/
    kalau pakai jasa kakak untuk order disitu dengan jumlah banyak bisa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pm saja ke email jasa order ebay saya di ubigameshop@yahoo.com karena saya mau check link itemnya ya

      Delete
  46. numpang tanya, saya order dari korea, dari gmarket
    isinya kosmetik bbrp biji, untuk keperluan pribadi (mama saya)
    setelah menunggu selama hampir sebulan, saya diberi kabar bahwa paket saya disegel di pihak custom kantor pos, karena isinya kosmetik
    pengiriman menggunakan ems, kira2 ada solusi atau jalan keluarnya ga ya?

    ReplyDelete
  47. Belum nyampe tulisannya sih sudah dikirim dari LA dan menuju tempat transit. Aku bener bener baru tau ttg hal ini. Sayang banget kalau colourpop kita ga sampai huhuhu.

    Kamu pesen kapan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Halo. Aku kemaren juga habis belanja $50 di colourpop. Dan akhirnya kenak segel bea cukai karna ga ada ijin bpom. Sediiih minta ampun. Karna yg tak beli termasuk limited edition set

      Delete
    3. Hai ichaa, paket Colorpop kamu udah sampai belum? Aku juga belanja di website colourpop tapi ketahan di bea cukai karna masalah BPOM :( jadi haru gimana ya?? :(

      Delete
    4. Hai ichaa, gimana paket Colorpop kamu udah sampai belum? Aku juga belanja di website colourpop tapi sekarang ketahan di bea cukai karna masalah BPOM :( jadi harus gimana ya?? :(

      Delete
  48. Guys, Althea Indonesia kena banned BPOM ya? Katanya gak dapat izin. Website gak bisa di akses..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa, saya masih buka jasa order althea dengan fee 10rb dari final price

      Delete
  49. apa pomade ( minyak rambut) masuk kosmetik??

    ReplyDelete
  50. hai Kak, masih buka jasa ngga ? aku mau beli colourpop di website https://www.colourpop.com dibawah 50USD

    ReplyDelete
  51. Hai, kolom commentar hanya khusus untuk komen saja bukan untuk diskusi sesama readers, diskusi silakan japri saja bukan disini ya. Kecuali pertanyaan ditujukan kepada saya, maka akan saya jawab, jika nanya ke sesama member saya akan hapus.

    ReplyDelete
  52. kak udah pernah belanja di tester korea kan? buat payment kakak pakek apa ya? soalnya aku susah banget nih mau payment

    ReplyDelete
  53. Kalo beli tas >50$ pasti kena bea cukai ya?kan pajak barang mewah semnjak presidennya jokowi dihapuskan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayar bea cukai saja kok, memang peraturannya begitu

      Delete
  54. Kalo beli tas >50$ pasti kena bea cukai ya?kan pajak barang mewah semnjak presidennya jokowi dihapuskan ya

    ReplyDelete
  55. Kalau beli produk yang udh pernah didaftarin bpom brarti aman kah? Saya dpt surat cinta bhw barang sy dr ebay tertahan di BC. Iseng2 cek web bpom, ternyata produk yg sy beli udh bernomer bpom. Kira2 bisa lolos ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa, belinya sebaiknya di distributornya, yang daftarin BPOM kan dia

      Delete
  56. makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  57. bagus bos artikelnya dan sangat menarik

    ReplyDelete
  58. mantap sob buat infonya dan semoga bertambah sukses

    ReplyDelete
  59. sis mw nanya beautynetkorea gk bisa kirim ke indonesia ya??

    ReplyDelete
  60. Ka aku rencananya mau bikin onlineshop fashion dari brand2 korea spt oioi, mellogrem, stylenanda, etc, tp dg sistem pre-order kira2 bisa ga ya? Soalnya aku cek harganya emg rata2 mahal sih, jd keknya sulit klo hrs ready stock. Kira2 bisa bantu ga ka atau ada saran yg lebih baik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok, tinggal perhitungkan pajak bea cukainya

      Delete
  61. Kak kl beli nya cuma 1 doang malah jatohnya mahal ya kak? Trus yg tester korea aku cob ongkir nya 6800

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo beli 1 aja mendingan beli di counter atau online shop di indonesia

      Delete
  62. aku lg mau order di roseroseshop, pernah belanja disana kah? total belanjanya hampir 1jt kira2 2kg, dia shippingnya cuma ada pilihan qexpress kira2 bakal ketahan beacukai ga y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku lupa ya udah lama banget nggak belanja di sana.hehe

      Delete
  63. aku lg mau order di roseroseshop, pernah belanja disana kah? total belanjanya hampir 1jt kira2 2kg, dia shippingnya cuma ada pilihan qexpress kira2 bakal ketahan beacukai ga y?

    ReplyDelete
  64. Hi kak innova, terima kasih ya infonya sangat membantu. Aku mau nanya, kira2 kalo aku beli brush bakal kena masalah yg BPOM2 itu ga ya? Aku rencana beli di BH cosmetics.. kalo beli di situ kan $50 free ongkir, tp aku ttp harus bayar pajak ya? Kira2 bayar pajaknya brp? Thank u in advance :)

    ReplyDelete
  65. Hi ka, mau tanya kalau beli catokan GHD dari luar melalui apa ya enaknya?

    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. GHD beli di indonesia saja, kalo nanti beli di luarm mau klaim garansi susah

      Delete
  66. hai kak kalau bh cosmetics gitu pnh coba belanja di website nya langsung? pengalaman pernah bermasalah dengan BC mslh bpom gak ya kak kalau disana? aku mau purchase makeupbrush dengan eyeshadow palette rencana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kena masalah BPOM sudah pasti retur, kecuali pakai jasa oknum, dan jasa bebasin barang yang harusnya pakai BPOM ini ilegal ya menurut bea cukai

      Delete
  67. pakai Viabox aje dong lagi senang

    ReplyDelete
    Replies
    1. viabox kalau pakai PJT sama saja hasilnya, ratenya viabox juga nggak murah-murah banget

      Delete
  68. Hai kak mau tanya, pernah belanja di lightinthebox.com atau miniinthebox.com gak? Kalau pernah itu pengiriman nya nanti pakai pos atau ekspedisi swasta kyk dhl gt ya?

    Krn berdasarkan yg daya baca2 diinternet, kalau pakai dhl suka menagihkan biaya tak terduga yang mahal bgt walaupun barang yg dibeli kurang dari 50usd.

    Niatnya saya mau jualan dgn import brg dari situs tersebut.


    ReplyDelete
  69. Hai ka, aku kan pgn buka ol shop gt buat kosmetik dan skincare korea dan mau coba ambil di testerkorea. Tp aku bakal kena bea cukai gak ya kalo pakai rincos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah coba pakai Rincos, mungkin bisa beli sedikit aja dulu

      Delete
  70. Hi mau tanya ni pernah belanja di colourpop.com g? Itu barangny ditahan atau g ya? Dari website nya si dia bisa kirim langsung ke indonesia, soalnya aku pernah belanja di website tarte langsung dan barangnya gak ditahan di bea cukai tapi pernah juga belanja makeup dr luar negeri tapi di tahan karna perlu izin bpom akhirnya di ikhlasin aja barangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung bea cukai kalau pas kena cek pasti diminta retur karena ngga ada BPOM

      Delete
  71. sisterr, nanya dongs.. bener ga sih kalo skrg brg impor sd 100 usd bebas pajak ?
    terus denger2 skrg tas2 branded ga kena lagi pajak barang mewah. ini udh jalan di bea cukai atau masih ada yg kena yah ? thank you yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya CIF $100 ngga kena pajak. barang mewah kurang tau coba tanya ke bea cukai aja

      Delete
  72. halo kak aku mau tanya. kalau beli di testerkorea dg total $84 dollar dan item yang dibeli itu hampir sama (innisfree clay mask) itu apa nantinya juga kena bpom? thankyou ^__^

    ReplyDelete
  73. Hi kak, aku pengen buka olshop kosmetik korea, kebetulan punya temen yang tinggal di korea jadi bisa kirim paket kosmetik koreanya ke Indo. Kira" bakal ditahan di bea cukai ga ya? atau ada jasa pengiriman untuk kosmetik supaya bisa lolos? minta sarannya ya kak makasih :)

    ReplyDelete
  74. sis mau tanya kalo belanja kosmetik di koreadepart.com kirim pakai EMS bisa di tahan (ga ada ijin BPOM) ga ya? paketnya bisa 2 kilo gitu

    ReplyDelete
  75. Kak aku mau tanya, kalo kita belanja terus di website itu ada pilihan shipping lewat rincos(buat kosmetik korea) atau e cargo jadinya ga kena bea cukai karna barang dikitim ke tiki/jne bukan via pos (katanya klo shipping lewat EMS/DHL/standard shipping itu dikirimnya ke pos dulu, jd krna bea cukai). Itu bener ga kak? Kk pernah ga nyoba belanja shippingnya lewat rincos atau e cargo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rincos dan ecargo setau saya kalau dicek bea cukai tetap bisa kena retur

      Delete
  76. kak, aku rencana mau buka toko kosmetik nih di rumah. bisa dibantu gimana cara pesan dan shippingnya? soalnya aku ngga ada paypal juga. jadi bener sih, agek, ribet, kkkkkkkkk

    ReplyDelete
  77. sekarang kalau order barang diatas $50 sudah tidak dikenakan pajak ya? sekarang jadinya kalau order barang diatas $100 baru kena pajak ya?
    mohon infonya.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya benar, di bawah $100 tidak kena pajak

      Delete
  78. sis kalo paketnya(skincare) ditulis gift tetep kena cek ga ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ketauan isinya kosmetik tetep dibalikkin

      Delete
  79. Solusi ngurus bpom nya gmna k?? Ribet gk yh??

    ReplyDelete
  80. Kak aku mau tanya ,kalau aku dikirim make up sama tante aku dari luar negeri apakah kena pajak?dan di tahan oleh bea cukai kak?yang dikirim brand dari maybelline ,apakah ditahan kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kirimnya kalau pakai DHL biasanya sih ngga bisa lewat

      Delete
  81. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  82. kak mau tanya, kalau yang di ebay itu kan banyk free shipping nya. apa itu bener2 free ?
    soalnya saya mau beli dalam jumlah yang lumayan banyak untuk dijual lagi, apa nnti ada kemungkinan kena bea cukai juga?

    ReplyDelete
  83. Kalau bawa sendiri make up dr luar negeri dalam jumlah banyak kena bpom juga ga ya?

    ReplyDelete
  84. Hi ka,masih bisa order jasanya ga?? Niatnya mw nyoba beli kosmetik yang blm ada di indo dari web gmarket, ada pengalaman kena cukai ga ya kira2??

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...