recent posts

banner image

Travelling to Japan - The Exotism of Okinawa - History, Culture, Festivals, Art, and Shopping!

Ikuti Present Campaign HIS Summer Trip Blogging Competition


こんにちはみんなは元気ですか?

Halo teman-teman, apa kabar? Sebentar lagi sudah mau libur sekolah, sudah punya rencana mau jalan-jalan belum? Kalo belum, atau masih ragu-ragu, siap-siap baper ya sebab aku kali ini bakalan membahas tentang liburan ke Jepang. Yes, travelling to Japan is never ending story!

Ketertarikan aku dengan Jepang dimulai semenjak aku TK aku sangat suka membaca komik (pada masa itu komik semuanya terjemahan Jepang, ketauan umurnya), dan aku pun belajar menggambar komik. Karena sangat pengen tau negeri komik, aku pengen banget ke Jepang. Juga dari guru bahasa Jepang-ku aku mendengar bahwa kehidupan di Jepang cukup asik, bersih, dan disiplin, apalagi untuk travelling, banyak lokasi yang menarik untuk dikunjungi. And those internet tells everything about Japan, Japan is my ultimare destination for travelling, though it is not achieved yet. End of story? Let's jump to the most interesting parts!

そして、それらのインターネットは、それはまだ達成されていないものの、日本は、旅行のための私の最終目的地である、日本についてのすべてを伝えます。 物語の終わり?で最も興味深い部分にジャンプしてみましょう!

Selama ini yang aku tahu tentang Jepang hanya Tokyo, padahal banyak tujuan wisata yang menarik, dan pastinya sayang untuk dilewatkan. Jadi lewat artikel ini, aku akan ajak kalian baper dan ngiler bersama ke Jepang, khususnya berkunjung ke Okinawa. Psssttt, aku juga akan kasih bocoran gimana caranya bisa ke Jepang dengan gampang dan tanpa ribet!



Tentang Okinawa 沖縄県



Pulau Okinawa (沖縄本島 Okinawa-hontō, atau 沖縄島 Okinawa-jima) adalah pulau terbesar di Kepulauan Okinawa sekaligus di Kepulauan Ryukyu, Jepang. Kota Naha merupakan ibu kota Prefektur Okinawa yang berada di Pulau Okinawa. Akses ke Pulau Okinawa ini bisa ari Tokyo maupun Osaka. Mode transportasi satu-satunya hanya dengan pesawat udara dengan perjalanan sekitar 2 jam, ari Tokyo maupun Osaka. Okinawa adalah tempat kelahiran olahraga bela diri karate, juga kaya akan wisata sejarah, salah satunya Kerajaan Ryukyu dan banyak kuliner yang bisa dinikmati di Okinawa. Kali ini kita bahas obyek wisata yang ada di Pulau Okinawa ya.

Curious? Yuk mari kepoin satu per satu.

Tempat Wisata

1. Istana Shuri / Shuri Castle (首 里 城, Shurijō)



Map from http://www.japan-guide.com/

Shuri Castle (首 里 城, Shurijō), atau Istana Shuri adalah sebagai pusat administrasi dan kediaman raja-raja Ryukyu selama beberapa abad sampai Okinawa menjadi prefektur Jepang pada tahun 1879. Kastil ini termasuk sebagai salah satu Warisan Dunia UNESCO dari situs Kerajaan Ryukyu.

Istana ini awalnya dibangun pada tahun 1300-an, dan memainkan peran penting dalam sejarah Jepang (Kerajaan Ryukyu) dalam penyatuan politik pulau. Perang dan kebakaran menghancurkan benteng beberapa kali selama berabad-abad, terakhir dalam Pertempuran Okinawa pada tahun 1945. Bangunan yang berdiri saat ini adalah hasil renovasi di tahun 1992.

Kenapa yang ini aku sebutin paling pertama? Karena Jepang di musim panas sangat identik dengan banyak festival, antara lain: Festival tarian daerah dengan baju tradisional Kerajaan Ryukyu, festival sapposhigyoretsu dan sappogishiki, prosesi kerajaan, dan masih banyak festival lokal yang sayang banget untuk dilewatkan.

Image from oki-park.jp


Warisan budaya yang bisa kita saksikan di sini antara lain:

Image credit http://en.okinawastory.jp/


Sonohyan-utaki Stone Gate
Raja akan berdoa di depan gerbang batu ini dan berdoa untuk perjalanan yang aman setelah kepergiannya dari Puri.
※ Situs Warisan Dunia

Image credit http://turfanderika.blogspot.co.id/


Bezaitendo Shrine dan Enganchi Pond
Sebuah kuil dibangun untuk menyimpan Housatsu-zokyo, atau kitab suci Buddha berharga yang diterima dari raja Korea.

Image credit http://morethingsjapanese.com/


Ryutan Pond
kolam buatan manusia ini diciptakan pada 1427, setelah saran dari utusan Cina.

Image from alamy.com


Temple Enkakuji and Hojo-bashi Bridge
Kediaman keluarga kerjaan. Ukiran di Jembatan Hojo-bashi di pekarangan kuil adalah merupakan salah satu Warisan Budaya Jepang.

Image credit http://www.panoramio.com/


Shureimon Gerbang
Dibangun pada masa pemerintahan Raja Sho Sei (1527-1555) .Di gerbang ini tertulis "Shurei no kuni," yang berarti "Kerajaan Ryukyu adalah negara yang menghargai kesopanan"

Image credit http://okinawahai.com/


Tamaudun
Merupakan makam dari kerajaan Sho Dinasti 2.
※ Situs Warisan Dunia


2. The Churaumi Aquarium (美ら海水族館, Churaumi Suizokukan)
Map from http://www.japan-guide.com/

Merupakan akuarium terbesar di Jepang. Ya! Siapa sih yang gak suka melihat ikan dengan habitat super besar ini? Destinasi ini sangat cocok untuk semua umur, apalagi yang mengajak anak-anak travelling ya (seperti saya contohnya).

Yang menarik dari Churaumi Akuarium ini adalah Kuroshio Tank yakni tank raksasa berisi banyak spesies ikan, baik ikan tropis juga ikan yang hidup di Jepang. Tidak cuma ikan, tapi juga koral, serta jika kita berkunjung di sini kita juga bisa memegang hewan-hewan laut yang disediakan, juga melihat lumba-lumba dan kura-kura di outdoor pool-nya. Gemezzz gak sih....

Lucu? Pastinya, yuk lihat foto-fotonya sebelum kita jalan ke sana!



Image credit http://www.japan-guide.com/

3. Ocean Expo Park (海洋 博 公園, Kaiyōhakukōen)


The Ocean Expo Park (海洋 博 公園, Kaiyōhakukōen) adalah sebuah taman besar di ujung Semenanjung Motobu di utara Okinawa Honto, yang dibangun pada tahun 1976 untuk memperingati Okinawa International Ocean Expo diadakan di sana tahun sebelumnya. Daya tarik utama taman adalah Churaumi Aquarium, akuarium terbaik Jepang.

Nah kita jalan-jalan di sini melihat fasilitas lainnya yuk, gak kalah asik kok!

Museum
Pertama ada museum budaya bahari yang terletak di samping pintu gerbang pusat taman ini, termasuk replika kapal yang terkenal antara lain: Kano Lakatoi dari Papua Nugini, juga kapal-kapal dagang kerajaan Ryukyu yang digunakan untuk melintasi Asia. Oiya, di Ocean Expo Park ini juga ada planetarium.


Desa Penduduk Asli Okinawa
Di sebeleah museum tadi ada miniatur desa asli Okinawa, dengan dua puluh bangunan. Di sini gratis dan tidak ada penjaganya.
Image credit http://www.japan-guide.com/


Tropical Dream Center
Hmmmm..kalo ini wisata flora ya, khususnya tumbuhan tropis yang bisa dilihat sepanjang jalan Expor ocean park, semacam kebun raya lengkap dengan rumah kaca. Letak keunikannya yang pasti karena perbedaan geografis dengan Indonesia, tentunya varian tumbuhan dan lelucuan lainnya yang bisa kita lihat pasti berbeda!
Image credit http://www.japan-guide.com/


Emerald Beach
Di ujung Expo ini ada pantai loh! (berasa kayak di Indonesia ya, tapi jelas beda aromanya!) Nah pantai ini ada 3 bagian yaitu pantai khusus main dan berenang, pantai istirahat, dan pantai untuk menikmati view. Pantai ini berpasir putih, dan merupakan wisata pantai yang cukup terkenal di Jepang. Cukup banget habis dari Ocean Expr Park kita mampir ke pantai ini untuk bernarsis ria menyesaki instagram.


4. Okinawa World
Okinawa World merupakan lokasi theme park yang sangat keren, di mana sejarah lokal, budaya, dan alam berpadu di satu lokasi. Yang bisa kita lihat di sini yaitu:
Image credit http://www.japan-guide.com/


Gyokusendo Cave
Wisata ke gua yang ditawarkan di Okinawa World ini sepanjang 850 meter dari total panjang gua 5 kilometer. Stalaktit dan stalakmit lucu-lucu yang pastinya bisa jadi bahan foto-fotoan, juga walking path yang super nyaman jadi andalan Gyokusendo Cave ini.

Image credit http://www.gyokusendo.co.jp


Desa Kerajaan Ryukyu
Menapilkan budaya, kerajinan, seni Kerajaan Ryukyu. Yang terkenal yakni "Rukyu Glass Kingdom Studio".



Tax-free Shop
Gak asik kalo gak mampir di toko oleh-oleh di tempat wisata, apalagi di musim panas sangat kondusif buat jalan-jalan dan shopping. Selama pembelanjaan di bawah 10,000 yen masih tax-free.



5. It's shopping time! >> Head to Kokusaidori Street who-hoo....



Travelling tanpa turun ke downtown di musim panas rasanya kurang lengkap ya. Yup, di sini kita bisa jalan-jalan di kota, makan, pergi minum juga berbelanja (di sini banyak toko oleh-oleh). Kalo soal lucu-lucuan dan unik-unikan Jepang emang nomer wahid, selain musim panas dimanjakan oleh banyak festival, belanja di Jepang juga pengalaman yang beda karena orang Jepang punya selera yang unik dalam mendesain suatu barang. That you'll never find in other place!

Makanan Khas

Habis jalan-jalan jadi laper yah, yuk kita ngulik juga makanan khas Okinawa!

1. Goya Chanpuru (ゴーヤーチャンプルー)
Image from http://justhungry.com/

Goya Chanpuru, atau Goya Champuru adalah makanan khas Okinawa yang terkenal. Champuru, artinya "sesuatu yang dicampur" atau "campuran" Indonesia banget gak sih? seperti kekayaan budaya Okinawa yang beranekaragam, bedanya kita nikmati ini di piring hehe. Isi dari Goya Champuru ini adalah: pare, daging babi (non halal), tahu, dan telur.

2. Taco Rice

Namanya western banget yah? Tapi ini makanan khas Okinawa, yup lebih tepatnya perpaduan makanan Mexico dengan Okinawa, yang dipopulerkan oleh tentara Amerika. What a fusion. Taco Rice atau takoraisu (bacanya: tako-rais, like spelling "genki-desu" well I learned a bit) ini enak makannya karena pakai sendok, hahaha. Dan ini adalah nasi biar kenyang itu penting maklum perut Indonesia.
Image credit  http://tastykitchen.com/


Itadakimasu!

Gimana Caranya Pergi ke Jepang???

Tadinya aku juga mikir-mikir, gimana caranya pergi ke Jepang, kan aku gak bisa bahasa Jepang? Kalo nyasar gimana?

Nah, buat yang belum tau dan belum pernah, di Indonesia ada agensi travel asal Jepang namanya H.I.S. Agensi ini spesialis menyediakan jasa tour ke Jepang tidak hanya ke Tokyo, atau Okinawa yang aku ceritakan, tetapi juga bisa ke kota dan perfektur lain di Jepang, seperti Hokkaido, Hiroshima, Fukuoka, Nikko, Nagoya, Toyama, juga ke Gunung Fuji. 

Kenapa aku merekomendasikan H.I.S dibandingkan yang lain?
1. Kenyamanan Servis
H.I.S bertanggung jawab untuk mendukung kebutuhan perjalanan peserta tour mulai pada saat reservasi hingga kembali ke rumah. 

2. Global Network Mendukung Keamanan Anda
H.I.S. memiliki keuntungan dengan jaringan global yang mendukung perjalanan peserta tour. Dengan sistem terbaik melayani mulai dari reservasi hingga kembali ke rumah.




3. Harga Terbaik langsung dari cabang luar negeri
Cabang H.I.S. di luar negeri menawarkan harga terbaik untuk hotel dimanapun dan kapanpun sesuai dengan kebutuhan peserta tour. 

4. Unggul dalam Individual Tour
H.I.S menyediakan berbagai macam tour dan menangani tour sesuai dengan keinginan peserta tour. Staff  H.I.S dapat menyusun perjalanan peserta tour mulai dari tiket pesawat, hotel, optional tour, kereta api, penyewaan mobil dan hal-hal terkait perjalanan wisata. H.I.S juga membantu menanganu pengurusan visa.



no-5 Unggul untuk Perjalanan ke Jepang
H.I.S. memiliki 273 cabang di Jepang, kita dapat reservasi perjalanan ke Jepang di kantor cabang lain di luar negeri. Mulai dari cara penggunaan JR PASS hingga penerbangan domestik, jalan-jalan ke Jepang jadi asik dan mudah.

H.I.S juga punya program HAnavi. HAnavi adalah kolaborasi antara H.I.S. dengan ANA (All Nippon Airways) yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang.



HAnavi menyediakan paket Tiket Penerbangan Domestik + Hotel dengan harga yang MURAH MERIAH berangkat dari Tokyo atau dari Osaka.



Nah mau pergi ke Jepang gampang banget kan? Yuk sama-sama pergi ke Jepang. Semoga postingan ini berguna ya, see you in Japan ^_^ またね



Mau ke Jepang GRATIS?
KLIK BANNER DI BAWAH INI!!!
Ikuti Present Campaign HIS Summer Trip Blogging Competition



Referensi
http://en.okinawastory.jp/
http://turfanderika.blogspot.co.id/
http://morethingsjapanese.com/
alamy.com
http://www.panoramio.com/
http://okinawahai.com/
http://www.japan-guide.com/
https://www.oki-islandguide.com/
wikipedia
wikimapia
http://www.gyokusendo.co.jp/okinawaworld/en/


See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

Travelling to Japan - The Exotism of Okinawa - History, Culture, Festivals, Art, and Shopping! Travelling to Japan - The Exotism of Okinawa - History, Culture, Festivals, Art, and Shopping! Reviewed by Innova Carolina on 11:25 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.