Monday, August 8, 2016

Rekomendasi Tempat untuk Berbelanja Kosmetik Palsu Online dan Offline





Dalam postingan kali ini aku mau mengajak kalian membeli kosmetik palsu. Loh?

Definisi Kosmetik
Kosmetik adalah zat perawatan yang digunakan untuk meningkatkan penampilan atau aroma tubuh manusia. Kosmetik umumnya merupakan campuran dari beragam senyawa kimia, beberapa terbuat dari sumber-sumber alami dan kebanyakan dari bahan sintetis.

Nah dari definisi di atas, kosmetik yang "asli" saja, biasanya menggunakan bahan kimia dalam takaran tertentu, yang tentunya "aman" menurut standar BPOM (kalau di negara kita Indonesia), atau FDA (kalau di Amerika). Sudah pasti aman tidak? Belum tentu, di beberapa orang yang kulitnya sensitif, masih bisa alergi dengan beberapa bahan aktif kosmetik.

Jadi kebayang kan akibatnya, kalau kita membeli kosmetik palsu, yang tidak jelas asal usul dan bahan aktifnya. Yang masih mau mencoba kosmetik palsu, silakan tanggung sendiri ya.

Tunggu dulu, aku baru ingat juga kenapa aku bikin postingan seperti ini. Begini, aku kemarin tidak sengaja membaca postingan di instagram tentang pemalsuan brand terkenal. Nah kalo kosmetik palsu yang terkenal, pasti pembaca blog ini sudah tau ya..., bukan maybelline palsu yang harganya cuman puluhan ribu dapat selusin, atau bulu mata merk MAC yang sama sekali tidak enak dipakai dengan band yang super kaku saya menderita sekali ingat pernaha nyobain bulu mata ini dan langsung tersakiti  maafkan jadi curhat!

Tapi yang aku maksud yang lebih elegan, spesifik dan sophisticated apaan sih?

Okelah, yuk mari kita berburu kosmetik palsu, di mana????
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
1. DHGate
Karena aliexpress sudah terlalu mainstream, maka aku lebih suka membahas DHGate, marketplace asal China satu ini saingannya si abang ali, bedanya sellernya lebih sedikit. Personally, aku suka DHGate ini karena lebih mudah untuk mencari dan mensortir barang berdasarkan harga grosirnya.
Lalu barang apa yang kita bisa beli "palsunya" di sini?
The Balm Meet Matt(e) Hughes Long Lasting and Waterproof Liquid >> harganya sekitar $2 satuannya
Maybelline Baby Lips (yang gak keluar di indo kemasannya) >> harganya gak sampe $1
NYX Lingerie Matte Lisptick >> harganya sekitar $2.5
Kylie Lip Kit by Kylie Jenner >> kayaknya harganya sekitar $2
Lime Crime Velvetines harganya juga cuman seharga burger.....
Oiya untuk di DHGate itu semuanya rata-rata harga grosir ya, jadi pembeliannya memang ada minimalnya (beda-beda tergantung seller yang tentukan).






2. Ebay
Di ebay sebenernya lebih strict, tidak diperbolehkan menjual barang palsu, tapi ternyata ada juga yang jualan, dan kabar baiknya buat kita semua bukan iklan manggis bisa eceran!
Dan yang paling hits yang bisa dibeli adalah Kylie Lip Kit, karena banyak seller yang menjualnya dengan harga murah. Harga aslinya di website resmi Kylie Cosmetics adalah USD $29 untuk Kylie Lip Kit-nya, jadi yang jual harganya lumayan murah....pikir aja sendiri.



3. Tokopedia
Di sini nggak usah ditanya lagi, berhamburan ya ber-ham-bu-ran, seperti aku padamu ah..... Banyak yang dijual mulai dari MAC palsu, Etude palsu, Maybelline, Revlon, dll dll, pokoknya yang banyak kita temui di abang-abang kosmetik aspal. Tentunya harganya murah-murah banget.



4. Toko kosmetik
Kalo ini aku suka ketemunya di toko kosmetik di pasar tradisional, masih banyak yang menjual lisptik palsu. Aku juga heran, siapa yang beli ya?



Nah itu tempat-tempat rekomendasi buat teman-teman yang mau mencoba membeli produk kosmetik palsu.

Oiya aku kadang juga dapat pertanyaan, nah terus online shop yang suka nongol di social media itu, jualan kosmetik asli dengan harga lebih murah dari counter, barangnya dapat dari mana?
Hmmmm, karena ini agak complicated, aku akan jelaskan sedikit dari mana mereka bisa mendapatkan barang yang asli dan murah itu ya.

1. Kenal dengan Beauty Assistant (BA) suatu brand, atau mungkin BA-nya sendiri yang jualan
Biasanya yang model begini, jualannya barang sample atau tester yang masih baru, kadang juga bisa dapat harga karyawan brand tertentu. Asli gak? Asli juga kok, namanya dapat barang tester sudah pasti bisa dijual lebih murah (kadang-kadang dapatnya gratis juga).

2. Beauty blogger yang dapat goodie bag di acara tertentu, atau suka nampung goodie bag dari blogger, dll.
Gak susah kalau kalian mau dapat barang original dengan harga murah, apalagi kosmetik. Banyak blogger yang terkenal, medium terkenal, atau remah-remah oreo seperti aku, biasanya kalau dapat undangan event, kita suka dapat goodie bag. Dan ini tergantung yang mengundang, kadang goodie bag-nya bisa mahal-mahal juga isinya, kalau dijual lumayan bingit. Ini murni pengalaman pribadi ya, beberapa barang hasil goodie bag yang aku kebetulan tidak pakai aku jual biasanya.

3. Import sendiri
Beberapa barang kosmetik memang harga aslinya lebih murah di negara asalnya, apalagi brand-brand drugstore. Yang bikin harganya mahal apanya? Tentu saja biaya ongkir, custom clearance dll di Indonesia. Kalau mau belanja sendiri satuan, aku sudah pernah menulisnya di sini (Baca: Cara berbelanja barang kosmetik dari luar negeri). Nah, kalau online shop yang berbelanja sekaligus banyak memang bisa dapat harga lebih murah karena diskon harga barang dan diskon ongkir yang tidak didapatkan oleh pembeli eceran.

4. Loyalty member suatu brand
Biasanya untuk mendapatkan sample-sample,dan hadiah ekstra saat pembelian, dimulai dari spending berjuta-juta di satu counter kosmetik. Beberapa brand menerapkan nilai pembelanjaan tertentu mendapatkan hadiah produk yang cukup bernilai. Kalau aku sih tidak berada di posisi ini, belum kuat hehe....

Jadi sebisa mungkin aku menyarankan untuk membeli kosmetik asli, carilah penjual terpercaya, atau beli di counter resmi. Di usia yang segini aku sudah lelah untuk beredar di toko swasta mencari kosmetik, apalagi masih harus ragu-ragu asli atau palsu, enakan di counter walaupun mahal tapi gak pusing kena barang palsu. Tapi kw-nya lime crime yang 1:1 itu katanya mirip banget.... Aku masih penasaran terbuat dari apa ya? Hehe....mungkin ada yang bisa kasih tahu.


See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

31 comments:

  1. Nice post! Pas banget aku kemaren ditawarin temen kylie lipkit 200rebuan. Aku bilang kalo gak ori gak mau. Eeeh dia kekeuh blg kalo ori -_-
    Anyway, padahal kalo bisa bikin kosmetik gitu kenapa gak dikasih brand sendiri aja coba, daripada nyatut brand orang...

    sugarsweetcookies.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kalo bikin brand sendiri kan butuh biaya pemasaran dll biar laku, mungkin pembuat barang palsunya ingin jalan pintas

      Delete
  2. Saya sudah tau bahwa ini postingan sarkas versi halus (?). Tapi emang sih, kalau dijelasin ciri-ciri makeup skincare palsu juga ujung-ujungnya "kak, brand A ini asli gak?" *tepok jidat*

    limlimzi.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo makeup sih ga pake setiap hari pake yang kw masih dimaafkan, kalo skin care lebih parah deh kalo berani pake kw

      Delete
  3. Awal liat judulnya greget, baru baca isinya "ilmu" dan ajakan untuk menghindari tempat - tempat membeli kosmetik palsu. Nice post! :D

    vinasaysbeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya biar pembaca tau kulakannya di mana tuh barang kw

      Delete
  4. Benrr mba.. Kmrn aku liat ada yg jual kylir lip kit sepaket 250,000 pas aku baca baca made in china.. Aku bgg prsaan hrganya plg murah aja 500rbuan, pas bc lg trnyta kw nya.. Ditulis pula kw super. Wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah jelas kw kalo di bawah harga normal

      Delete
  5. setuju, ditokopedia banyak banget tuh, kalo ebay sih baru tau sekarang. Harus penuh hati-hati ya kalo belanja online sekarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal harganya gak aneh2 banget sih, kalo dapat barang diskon juga ga akan terjun banget harusnya

      Delete
  6. Such a nicepost !
    Kasiannya yang baru2 belajar makeup dan belum ngerti tau2nya belj yang palsu.
    Dan disayangkan banget tokopedia bolehin jual barang palsu:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kasihan banyak orang yang jarang buka internet, dan gak ngerti kosmetik yang kena tipu barang kw

      Delete
  7. Senangnya di tokopedia udah ada fitur "laporkan barang ini" klo seandainya tertipu beli yg kw :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tokopedia demand barang kw tinggi banget makanya sellernya santai-santai aja

      Delete
  8. Ih judulnya ngeselin ih hahahaha. Suka bgt ama post ini. Btw aku suka bgt belanja di ebay tapi khusus beli kuas makeup & bulu mata. Laen dari itu nooooo.

    esybabsy.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuas make up di ebay bagus dan murah, kalo bulu mata yang isi 10 itu aku gak gitu cocok pakenya

      Delete
  9. Innova carolina

    Dengan membaca info ini diri sya menyimpulkan tidak 100% toko online menjual barang barang berkualitas baik, ternyata masih ada ada saja barang berkuailtas buruk dijual di toko online.

    Nah ini kosmetik palsu salah satu barang berkualitas buruk yang mentereng.

    Kita khususnya para beuaty fans harus waspada dan wasapada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yang dipalsuin juga gak semuanya merk yang mahal

      Delete
  10. Aku sering lihat kosmetik palsu-su-su. Harganya juga dibanting banget. Kalo mbak penjaganya ditanya, asli mbak? pasti jawabnya, "Asli kok". Padahal kita mah cuma ngetes aja hehehe mending beli yang murah dan produk lokal daripada KW brand internasional.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di kampung2 yang jualan beneran ga tau sih itu asli atau palsu

      Delete
  11. Hm, jadi ngerti soal beli dimana kosmetik palsu ini. Kapan hari buka-buka salah satu marketplace baru yg tawarkan kosmetik berbagai brand dg harga murce. Beneran apa ya? Ternyata emang kw atau palsu. Hm.. Mengkhawatirkan kalau dipakai terus ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo harganya murah banget udah patut dicurigai

      Delete
  12. serem banget kalo kena yang palsu...
    yang asli aja kalau gak cocok bikin acne, apalagi yang palsu yaa

    makasih infonya..berguna banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak yang asli aja belum tentu cocok apalagi yang palsu lebih ga jelas lagi bahan2nya

      Delete
  13. Nah itu kadang yang sedih dah beli mahal tapi dapat yang palsu nyeseknya ampunnnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yang parahnya ada penjual yang jualan barang palsu tapi ngakunya ori

      Delete
  14. Duh.. ak jg dpt barang palsu doong... the balm meet matt(e) huges ku harganya cuma 27rb 😈😈😈😈😈 sama bedak nyx cuma 45rb.. em emaang apa sih resiko pakai barang kw

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe tergantung bahan apa yang digunakan di produk tsb. sebaiknya jangan dipakai, daripada takutnya iritasi dll nanti ke dokter kulit lebih mahal lo

      Delete
  15. yang nyesek banyak seller yang ngaku jualan ori tapi ternyata palsu. gak curiga karna harganya cuma beda 50rban dgn seller2 lainnya, krn sephora dll sering disc 20% jdi aku pikir dia bli pas diskon. ternyata begitu datang eh..palsu @_@'...capek dehh mana sellernya ngoto itu asli padahal jelas2 barang palsu karna aku punya yg aslinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah klo kayak gitu nanti dipublish aja supaya sellernya kapok sis

      Delete
  16. banyak juga ya tempat-tempat yang menjual kosmetik palsu, harus lebih hati-hati lagi nih dalam membeli..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...