recent posts

banner image

8 Tempat Wisata Favorit di Jakarta

Jakarta merupakan ibukota negara Republik Indonesia yang selalu sibuk dengan berbagai aktivitas, namun di balik hiruk pikuk kota yang semakin padat, Jakarta juga menawarkan berbagai tempat wisata menarik yang wajib untuk dikunjungi.

Di waktu lebaran, Jakarta bakalan ditinggal pulang mudik oleh para pendatangnya, dan jalanan akan sepi lancar sehingga waktu lebaran merupakan saat yang tepat untuk berlibur ke Jakarta.

Mungkin banyak orang lebih interest pada bangunan-bangunan tinggi menjulang saat berada di Jakarta namun banyak juga tempat wisata non-high building yang bisa dinikmati di beberapa area di Jakarta.

Jakarta adalah episentrum dari segala hal, termasuk dalam hal hiburan, Jakarta memiliki banyak tempat yang menawarkan kepuasan hingga tingkat maksimal. Mungkin banyak wisatawan luar yang lebih concern pada wisata alam yang ada di luar Jakarta, namun beberapa tempat wisata di Jakarta juga memiliki otentikasi tak kalah keren dari tempat wisata lainnya di Indonesia.

Di samping itu, yang dari luar Jakarta juga tiketnya lebih murah kalau mau pergi ke Jakarta saat libur lebaran. Pemesanan tiket bisa lewat HIS Travel, tampilannya sebagai berikut.




HIS juga memiliki banyak cabang di Jakarta jadi sekalian nanti bisa main ke kantornya HIS untuk booking tour ke luar negeri karena selain tour domestik, HIS juga punya banyak pilihan tour luar negeri.



Ini adalah beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi selama di Jakarta:

1. Monas (Monumen Nasional)


Jakarta identik dengan modernisasi, namun wisatawan akan menemukan nilai-nilai historis di beberapa sudut kota. Salah satu tempat wisata historis paling populer di Jakarta adalah Museum Nasional.

Monas terletak di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Monumen yang dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975 ini menampilkan sejarah kemerdekaan Indonesia dalam berbagai relief mulai dari sejarah kerajaan Singasari dan Majapahit, perang kemerdekaan RI, proklamasi kemerdekaan hingga masa pembangunan pasca kemerdekaan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Monas juga dilengkapi dengan lift (elevator) berkapasitas 11 orang yang akan membawa pengunjung menuju ke palataran di puncak Monas dengan ketinggian 115 meter di atas permukaan tanah.

Monumen Nasional (dengan membeli tiket cawan) akan memperlihatkan kepada pengunjung bahwa ada banyak benda historis yang memiliki peranan penting dalam kemajuan peradaban. Di antaranya koleksi barang-barang historis yang unik untuk diketahui. Koleksi barang-barang langka tersebut terhimpun dalam 7 kualifikasi yaitu arkeologi, prasejarah, keramik, sejarah, etnografi, numismtik-heraldik, dan geografi.

Bagi traveller yang ingin berkunjung ke obyek wisata ini, Monas buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB-16.00 WIB kecuali hari Senin di akhir bulan, untuk tiket masuk cukup murah yaitu Rp 2.000 untuk anak-anak, Rp 3.000 untuk mahasiswa dan Rp 5.000 untuk dewasa. Bagi pengunjung yang akan naik ke puncak, ada tambahan biaya yaitu anak-anak sebesar Rp 2.000, mahasiswa Rp 5.000 dan orang dawasa Rp 10.000. 

2. Taman Impian Jaya Ancol


Tempat wisata yang terletak di Jakarta Utara ini menyajikan berbagai jenis hiburan bagi para wisatawan. Ada lima jenis hiburan utama yang disajikan di tempat wisata ini, yaitu Dunia Fantasi (Dufan), Atlantis Water Adventure, Ocean Dream Samudera, Taman Impian dan Pasar Seni, serta Ocean Ecopark.

Dari satu wahana, ada berbagai jenis permainan yang bisa dinikmati bersama keluarga. Seperti pada wahana Atlantis Water Adventure yang dilangkapi dengan fasilitas 8 kolam utama dengan 13 jenis permainan dan 6 tantangan.

Bagi yang ingin menikmati sensasi horror bisa mengunjungi Taman Impian dan Pasar Seni yang berlokasi di Kapal Pecah, Pantai Ancol Timur.

Tempat wisata yang buka jam 10.00 WIB -18.00 WIB ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik, seperti pantai dan taman, kereta gantung, sea world, bowling, resto dan kafe, serta hotel.

Untuk masuk ke Taman Impian Jaya Ancol harga tiket masih cukup terjangkau yaitu Rp 25.000 per orang, namun jika  ingin menikmati berbagai wahana yang ada di lokasi wisata ini, harus membayar tiket masuk yang berbeda sesuai dengan wahana yang akan ingin dikunjungi. 

3. Taman Mini Indonesia Indah, Napak Tilas Sejarah Indonesia Kamu dapat Temui di sini


Tempat wisata yang terletak di Jakarta Timur ini bertema kebudayaan Indonesia. Seluruh kebudayaan dari tiap provinsi di tanah air ditempatkan dalam satu lokasi taman wisata yang disajikan dalam bentuk anjungan.

Tempat wisata yang sudah melegenda ini mengintegrasikan tempat wisata dengan nilai-nilai edukasi. Selain itu TMII juga memiliki wahan full package, dari wahana modern hingga ke spot-spot tradisional yang sangat eksotis. Bahkan kita bisa membeli souvenis khas daerah di setiap anjungan.

Rumah adat dan budaya terlihat sangat unik, traveler bisa menemukan berbagai hal menarik mengenai kebudayaan suatu daerah tanpa harus mengunjunginya secara langsung.

Bagian paling populer dari TMII pastinya adalah miniatur Indonesia, yaitu sebuah danau yang didesain hingga menyerupai Indonesia jika dilihat dari ketinggian. Untuk melihat miniatur Indonesia tersebut, kita bisa menggunakan kereta gantung.

Beberapa wahana paling oke di TMII adalah Teater Keong Mas, rumah-rumah budaya, snowbay dan masih banyak lagi yang lainnya. Taman Mini Indonesia Indah sangat cocok dikunjungi saat musim liburan tiba, namun perlu diperhatikan bahwa pada musim liburan kondisi jalan menuju TMII sangat macet maka pilihlah alternatif paling tepat agar liburan Anda tetap menyenangkan.

Tempat wisata ini buka mulai jam 07.00 WIB-22.00 WIB, dengan harga tiket masuk Rp 15.000, sedangkan untuk berbagai wahana dikenakan tarif masuk yang berbeda-beda, seperti misalnya kereta gantung Rp 40.000, Theater Keong Mas Rp 30.000 dan Taman Burung Rp 20.000. Tempat ini sangat cocok buat yang berwisata bersama keluarga.

4. Kebun Binatang Ragunan


Spot wisata keluarga selanjutnya adalah Kebun Binatang Ragunan. Tempat wisata ini terletak di wilayah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan luas area mencapai 147 hektare, dengan jumlah spesimen lebih dari 4000 dari sekitar 300 jenis spesies yang ada.

Banyak sekali kebun binatang yang ada di Indonesia, tapi yang paling populer pastinya ada di Jakarta yaitu Kebun Binatang Ragunan. Keberadaan berbagai jenis binatang termasuk juga binatang langka menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal.

Traveler bisa menemukan berbagai jenis satwa yang ada di seluruh dunia. Menariknya traveler bisa sekaligus berselfi ria bersatwa-satwa yang ada di Kebun Binatang Ragunan.

Untuk harga tiket masuk masih relatif murah yaitu Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak untuk hari biasa, sedangkan pada akhir pekan tarif yang berlaku adalah Rp 6.000 di hari Jum’at dan Rp 7.500 di hari Sabtu dan Minggu dengan jadwal operasioanl mulai jam 09.00 WIB-18.00 WIB.

5. Museum Fatahilah


Nuansa kota tua menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata yang juga dikenal dengan nama Museum Sejarah Jakarta ini. Museum ini terletak di Jalan Taman Fatahilah 2, Jakarta Barat.

Museum yang berbentuk dan menyerupai bangunan Istana Dam yang ada di Amsterdam, Belanda. Lebih dari 23 ribu koleksi barang kuno tersimpan di museum ini, mulai dari lukisan, prasasti, koin, keramik, hingga artefak kuno akan memanjakan mata kamu yang haus akan sejarah silam.

Dan yang paling terkenal dari museum ini adalah keberadaan meriam si Jagur, pedang eksekusi hingga patung Hermes. Untuk operasional, museum ini mulai buka pada pukul 09.00 WIB-15.00 WIB dengan tarif masuk Rp 3000 untuk pelajar dan Rp 5.000 untuk umum.

6. Kawasan Kota Tua


Memang sangat banyak sekali destinasi wisata mainstream di Jakarta namun wisata non-mainstream satu ini happening dewasa ini. Kawasan Kota Tua mendadak sangat populer terutama karena banyak orang yang mengupload foto-foto keren saat berada di Kawasan Kota Tua.

Mungkin saking langkanya nilai-nilai klasik maka tempat seperti Kawasan Kota Tua sangat dicintai oleh orang-orang. Kawasan vintage ini biasanya dipakai untuk melakukan berbagai kegiatan fotografi dan juga menikmati berbagai landmark historis yang berada di sekitar tempat ini. Meskipun klasik dan timeless namun faktanya kebanyakan pengunjungnya adalah anak muda!

Beberapa landmark historis paling oke di Kawasan Kota Tua yaitu Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, Toko Merah dan lain-lain. Terlihat begitu ‘one-of-a-kind’ karena begitu banyak spot-spot menarik yang bisa didatangi oleh para traveler.

Kawasan Kota Tua biasanya sangat ramai pada sore hari karena nuansa vintage yang terasa seperti sedag berada di masa lampau, banyak anak muda yang masuk ke beberapa gedung tua dan melakukan kegiatan fotografi disana.

Selain itu dibeberapa spot di Kawasan Kota Tua sering diadakan live konser dengan lagu-lagu classy & classic. Terdapat juga cafe-cafe yang mempunyai nuansa vintage dan pastinya akan membuat pengunjung betah berlama-lama di Kawasan ini.

7. Kawasan Kepulauan Seribu


Mungkin banyak dari kita sangat familiar dengan bangunan-bangunan besi nan kokoh saat mendengar kata Jakarta. Namun faktanya Jakarta juga mempunyai tempat wisata eksotis dan sangat alamiah yaitu Kawasan Kepulauan Seribu.

Jakarta memang full package, untuk urusan tempat wisata pantai oke pun Jakarta mempunyainya. Kawasan Kepulauan Seribu biasa dikunjungi oleh orang-orang untuk menikmati suasana pantai yang tenang yang dilengkapi dengan wahana menarik yang patut untuk dicoba.

Kawasan Kepulauan Seribu begitu matchless yang terlihat dari ribuan pulau, baik berpenghuni atau tidak. Beberapa pulau tidak mempunyai penghuni, jadi inilah uniknya, pengunjung bisa merasakan sensasi ekslusifitas maksimal saat mengunjungi pulau tak berpenghuni di Kawasan Pulau Seribu.

Di antara pulau populer yang banyak dikunjungi wisatawan di Kepulauan Seribu adalah pulau Bidadari, pulau Anyer, pulau Tidung, pulau Bira dan masih banyak lagi pulau-pulau eksotis lainnya. Beberapa pulau menyediakan penginapan first-class, dan juga wahana-wahana menarik seperti bicycle track, snorkeling, diving dan lain-lain.

8. Jalan ke mall di Jakarta

Wisata mall adalah wisata paling asik all in one package di mana selain di mall ada tempat mainan, makanan, belanja, HIS juga sering mengadakan pameran di mall yang tersebar di Jakarta, bahkan beberapa kantor cabang HIS ada di mall jadi enak nggak jauh-jauh mau nyari tiket liburan.




A post shared by Innova Carolina (@innovamei) on
Foto di salah satu mall di Jakarta.

Nah, itulah 8 tempat wisata favorit yang ada di wilayah ibukota Jakarta yang wajib dikunjungi, siapkan kesehatan dan uang untuk liburan seru keluarga Kamu di Jakarta. Selamat berlibur.

More Info About HIS, HISGO and HAnavi just simply click here :



Informasi seputar makeup/kosmetik dan skin care yang cocok untuk di bawa Liburan bisa cek ke http://beautynesia.id/

See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

8 Tempat Wisata Favorit di Jakarta 8 Tempat Wisata Favorit di Jakarta Reviewed by Innova Carolina on 11:59 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.