Monday, July 31, 2017

10 Makanan di Jepang yang Harus Dicoba

Jalan-jalan ke Jepang, yang ada di pikiran saya biasanya nggak jauh-jauh dari makan ramen dan sushi, karena itu makanan Jepang yang umum dan populer di Indonesia. Apalagi buat yang tinggal di Jakarta ngga asing lagi makanan Jepang super banyak.

Di Jepang sendiri signature food and drink pilihannya jauh lebih banyak daripada kuliner Jepang yang populer di Indonesia. Enaknya, jika ikut paket tour kita sudah including makanan, dan tentu saja jika kita ngga ikut tour masih ada kesempatan untuk eksplorasi makanan khas Jepang.

Berikut adalah daftar makanan yang bisa dicoba selama berada di Jepang:

1. Kari

Tidak seperti kari Indonesia, nasi kari Jepang berwarna lebih gelap dan lebih kental. Sebenarnya kari memang bukan makanan tradisional asli Jepang. sebab makanan ini dibawa oleh para pedagang India pada era Meiji (1868-1912).
Setelah bertahun-tahun, orang Jepang mengolahnya sesuai dengan lidah masyarakat di sana. Aromanya lebih harum dan komposisinya cukup beragam. Misalnya sayuran seperti wortel dan kentang, daging, atau seafood.  




2. Yakitori

Dilihat dari bentuknya, yakitori bisa dibilang mirip dengan satai. Namun komposisi utama dari yakitori ini kebanyakan adalah jeroan unggas, sapi, sampai babi. (Di HISGO menyediakan tour halal, pastikan memberi tahu kepada penyelenggara pada saat booking trip)
Di Jepang, yakitori biasa disajikan di bar tempat orang-orang berkumpul bersama teman atau para pekerja yang ingin menghabiskan waktu senggangnya sepulang dari kantor.



3. Yakiniku

Sebenarnya, yakiniku adalah barbecue ala Korea yang diadaptasi orang Jepang. Secara harfiah, yakiniku ini bisa diartikan sebagai daging bakar. Memang cara mengolahnya adalah di bakar.
Namun yang dibakar ternyata tidak hanya daging. Seperti yakitori, orang Jepang juga menikmati jeroan yang dibakar dan dinikmati dengan saus khusus.



4. Onigiri

Onigiri disebut juga dengan nasi kepal. Biasanya di dalam nas kepal disisipkan tuna, salmon, telur, ikan, dan kemudian bagian luarnya dilapisi rumput laut.
Onigiri adalah menu mudah dan praktis untuk bekal makan siang. Onigiri ini bahkan bisa ditemukan di supermarket yang dibungkus dengan kantung terpisah antara nasi dan rumput lautnya. sehingga onigiri bisa tahan lebih lama.



5. Nabe

Nabe mirip seperti sup. Namun isinya lebih lengkap dan disebutkan cocok dihidangkan saat musim dingin tiba.
Nabe dihidangkan dalam panci besar yang berbahan dasar daging, sayur, dan seafood. Di meja makan, biasanya nabe juga tetap dihidangkan bersama kompor mini. Sehingga anggota keluarga langsung mengambil isi nabe yang mereka suka




6. Nagashi soumen

Jika musim dingin identik dengan nabe, maka musim panas adalah saat yang tepat untuk menikmati nagashi soumen. Nagashi soumen ini disebut juga dengan mi soba dingin.
Cara menikmati nagashi soumen ini juga sedikit berbeda dengan mi pada umumnya. Sebab mi mengalir dari batang kayu dan Anda harus menyiapkan sumpit serta mangkuk untuk menangkapnya.



7. Nikujyaga
Nikujyaga adalah rebusan yang kaya akan protein dan karbohidrat yang dihidangkan secara klasik di rumah-rumah di Jepang. Komposisi nikujyaga di antaranya adalah kentang, wortel, ikan, daging, dan bumbu lainnya.
Nikujyaga juga dinikmati dengan nasi hangat. Makanya, hidangan ini identik dengan makan malam keluarga yang berkumpul dan menikmati waktu bersama di rumah.




8. Okonomiyaki

Belum lengkap rasanya menikmati kuliner Jepang jika belum menengok okonomiyaki asal Osaka. Secara harfiah, okonomiyaki adalah panggang sesuka hati.
Kenapa disebut demikian? Sebab okonomiyaki mirip seperti omelet yang dicampur dengan sayuran sesuai dengan favorit masing-masing orang. Setelah dipanggang, okonomiyaki ditaburi dengan saus, rumput laut, ikan cakalang kering, dan mayonnaise.




9. Takoyaki

Seperti okonomiyaki, takoyaki ini juga cocok dijadikan sebagai camilan saja. Takoyaki bentuknya bulat yang rasanya gurih di luar namun lembut di dalam. Karena bernama tako (gurita), tentu saja Anda juga akan menemukan potongan gurita di dalam takoyaki.
Taburan takoyaki juga mirip seperti okonomiyaki. Seperti rumput laut, ikan cakalang kering, saus, dan mayonnaise. Cara memakannya adalah dengan menggunakan tusuk gigi.




10. Tonkatsu

Tonkatsu adalah potongan daging bagi yang digoreng dengan tepung roti. Tonkatsu biasanya disajikan dengan nasi dan disiram dengan kari.
Selain tonkatsu, sebenarnya ada beef katsu yang terbuat dari daging sapi atau chicken katsu yang berbahan dasar ayam.
Itulah makanan khas Jepang yang layak dicoba, karena jika makan di Jepang rasanya beda dengan resto ala-ala Jepang yang ada di Indonesia.


Nah, itulah makanan di Jepang yang bisa dicoba. Nggak hanya makanan, Jepang juga kaya akan wisata snack dan oleh-oleh yang antimainstream. For Ticket booking bisa langsung cuss ke website HIS Travel ya.

Silakan menuju ke link berikut, jangan lupa subscribe email supaya nggak ketinggalan info tiket dan tour murah.




Ide-ide seputar fashion travelling, dan beauty tutorial, bisa follow channel Beautynesia yang membahas segala sesuatu tentang Jepang, dan aplicable banget tentunya buat wajah Indonesia.

See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...