Wednesday, August 30, 2017

Daftar Online Shop Kosmetik Korea yang Kesulitan Kirim ke Indonesia akibat Import Jalur Merah



Belakangan lagi heboh soal redline untuk barang impor, khususnya buat para penyuka makeup ini lumayan gawat karena dikabarkan barang impor tidak bisa lagi masuk ke Indonesia. Tadinya saya nggak terlalu terbuka membicarakan isu redline ini, tetapi karena ini sudah menjadi isu nasional, bahkan internasional. maka saya nggak akan ragu-ragu lagi membahas redline ini.

Redline ini apa? Redline atau jalur merah ini istilah horor buat importir, artinya paket masuk ke pemeriksaan fisik oleh pihak bea cukai.

Kenapa bisa redline? Ada beberapa penyebabnya:
1. Item memerlukan ijin impor
2. Sudah ada distributor resmi di Indonesia
3. Undervalue
4. Pemeriksaan fisik secara random oleh bea cukai

Akibat hal-hal tersebut di atas, maka beberapa toko online kosmetik yang sebelumnya populer di Indonesia, saat ini terancam tidak bisa lagi melakukan pengiriman ke Indonesia karena redline ini.

Secara regulasi bea cukai, memang kosmetik impor perorangan nggak bisa masuk ke Indonesia karena membutuhkan sertifikasi BPOM, walaupun barang di negara asal sudah ada FDA, KFDA, dan sertifikat lain apapun, tetap BPOM mutlak wajib hukumnya di negara tercinta kita Indonesia ini. So sad, barangnya juga ada ketahan nggak bisa masuk, dan belum ada kejelasan sama sekali.

Berikut adalah sederetan toko online yang terkena imbas redline tersebut:

1. Stylekorean

Salah satu toko online yang cukup besar di Korea, yang belum lama menjajaki pasar Indonesia. Stykekorean sempat bekerja sama dengan beberapa beauty vlogger setelah akhirnya banyak paket yang tertunda tidak bisa dikirim ke Indonesia. Dalam instagramnya, akhirnya Stylekorean mengumumkan tidak melakukan lagi pengiriman ke Indonesia akibat terganjal oleh regulasi.

2. Testerkorea

Suka sample makeup? Testerkorea ini adalah toko online lama yang sudah berjualan sample dan full size makeup dan skincare, dan aku sudah aktif belanja di sini mulai dari 2015. Testerkorea punya banyak banget item, bahkan brand yang jarang didengar, semuanya ada di sini. Ongkirnya juga nggak mahal-mahal banget, belakangan malahan ikut-ikutan pakai shipping yang tanpa melewati bea cukai yakni Ecargo, dan cukup banyak order yang masuk dari Indonesia, bahkan banyak pembeli Indonesia yang aktif di forum TesKor ini, sebelum forumnya ditutup.
Terganjal oleh regulasi, akhirnya TesKor mengakhiri pengiriman ke Indonesia lewat twitternya.




3. Hermo

ini adalah online shop yang buka di Indonesia dan sempat bekerja sama dengan banyak beauty blogger, bahkan Hermo memiliki kantor di Jakarta. Namun sayangnya, Hermo sudah tutup dan tidak beropreasi lagi. Kabar tutupnya juga nggak jelas kenapa, padahal kalau dilihat dari harganya barang Hermo bukan barang impor borongan sih ya.


4. Althea

Masih hot, dan instagramnya Althea dibom komen dari pembeli di Indonesia karena paketnya tertahan dan belum ada kejelasan refund. Althea ini sebetulnya adalah online shop favorit aku karena barangnya yang lengkap, dan harganya sangat murah, ya jauh lebih murah dibandingkan beli di counter. Sayangnya karena barangnya banyak yang nggak sampai dan Althea belum menghentikan orderan ke Indonesia, jadi masih belum ada kejelasan lebih lanjut. Sementara, farewell Althea, hiks....


5. Charis


Tahun lalu aku menghadiri opening Charis yang bersamaan dengan Beautyfest Asian di Jakarta. Bedanya dengan online shop lainnya, Charis ini merupakan online shop berbasis influencer, jadi di mana influencer ini menjadi affiliates-nya. Barang-barangnya masih seputaran makeup Korea sehingga dipastikan juga masih terganjal regulasi impor di Indonesia.



Ada yang mau menambahkan? Kalau ada yang mau bertanya bisa langsung komen ya, sehingga saya bisa jawab dan yang lainnya juga bisa baca.

See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

25 comments:

  1. Sedih bangeettt..
    Masi berharap ini semua bs terselesaikan huhuhu.

    Www.reginapit.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena memasukkan kosmetik jika tidak ada BPOM itu sebenarnya ngga boleh kecuali distributor resminya

      Delete
  2. Iya nih sayang bgt ya gara2 redline. Malahan ada yang ngelonjak harganya kayak Nature Republic

    Www.apaceritatami.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bisa ganti brand lagi, coba coba mana yang cocok

      Delete
  3. Wih sekelas althea juga kesulitan ya. Pilih produk Dalam negeri aja deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mau ngga mau beralih ke produk dalam negeri

      Delete
  4. Huhuuuu... sedih banget gr2 redline ni..

    ReplyDelete
  5. Syedih deh gegara redline ini, PO kosmetik dari seller OS juga susaaaah
    mana lagi penasaran sama Focallure lagi hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Focallure dari China ya, aku malahan belum pernah dengar

      Delete
  6. Waduhhh..Untuk aku pribadi mungkin tidak terlalu masalah karena aku jarang menggunakan produk luar.tapii katanya untuk kosmetik lokal pun bahan nya di dapat dari luar dan itu bahan baku nya sudh sulit masuk indonesia.hemphh...


    www.dinalangkar.com

    ReplyDelete
  7. Ku pikir ada problem di althea di indo ternyata issue ini toh ya omg charis juga ya :( pdhal byk skincare korea yg udah cocok.. yah sad deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak yang cocok dan ngga masuk ke indo

      Delete
  8. Sayang ya, pecinta K-beauty kebingungan mau order produk lagi. Semoga masalah red line ini cepat selesai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara beli sama seller yang udah stok

      Delete
  9. Yah padahal banyak produk dan merk yang ngga ada di Indo, tapi adanya di Althea. Mana cocok lagi ama produknya *nangis

    ReplyDelete
  10. Aku suka hermo, brandnya banyak dan harganya lumayan lah... Eh pas kemarin mau belanja lagi, udah tutup aja.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah belanja di situ udah tutup aja nih

      Delete
  11. Betul banget. Emang sekarang susah banget kirim kosmetik dari luar negri ke indonesia. sebaiknya cari seller yang hand carry barang ke Indonesia. Saya juga udah kapok beli kosmetik online dari luar negri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabarnya hand carry kalau terlalu banyak dan berikut boks juga bisa kena cek petugas

      Delete
    2. Biasanya penjual2 udh ada orang yg 'jemput' di dalam jd bisa lewat Imigrasi tanpa di cek2.. bayar lebih tentunya..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...