recent posts

banner image

Kiat Mencegah Penyakit Tidak Menular Bersama Anlene

Hari ini, Rabu 11 April 2018 saya diundang menghadiri acara gathering media dan blogger di rumah Imam Bondjol Menteng, dalam rangka campaign Anlene: "Ayo Indonesia Bergerak". Kampanye ini ditujukan kepada seluruh masyarakat dalam rangka meningkatkan aktivitas fisik guna melawan gaya hidup sedentari.

Gaya hidup sedentari?

Yang dimaksud gaya hidup sedentari adalah gaya hidup malas gerak, atau yang kita biasa sebut mager. Wah mager bahaya nih? Hehe, ternyata iya, kebanyakan mager, atau sedentari ini bahaya. Berdasarkan data riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dari Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa 24,1% penduduk Indonesia menjalani perilaku sedentari lebih dari 6 jam perhari. Kondisi ini menunjukkan seperempat masyarakat Indonesia berpotensi terserang penyakit tidak menular, antara lain stroke, penyakit jantung, dan diabetes mellitus. 

Salah satu nara sumber dari Fonterra Brands, Rohini Behl, Technical Marketing Advisor, mengatakan bahwa kondisi saat ini sangat tepat untuk mengajak masyarkat Indonesia melawan fenomena risiko penyakit tidak menular salah satunya dari gaya hidup. Fonterra Brands, atau yang dikenal dengan salah satu merk dagang Anlene ini percaya bahwa bangsa yang kuat bermula dari masyarakat yang sehat dan aktif.

Adanya kampanye "Ayo Indonesia Bergerak" ini juga turut mendukung program pemerintah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Yang saya suka, dari kampanye ini tidak hanya fokus ke penjualan produk, tetapi juga mengajak untuk sadar dan aktif berolahraga.

Jadi salah satu cara yang terbukti menjauhkan kita dari potensi penyakit tidak menular adalah dengan aktif berolahraga.


Bicara soal olahraga, sebetulnya banyak kegiatan di rumah yang bisa kita lakukan. Jadi nggak ada alasan buat mager lagi ya. Hal ini diperkuat oleh penjelasan nara sumber lainnya yakni Dr. Ade Jeanne L. Tobing, SpKO, dokter spesialis kedokteran olahraga dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, bahwa latihan fisik idealnya dilakukan 30 menit dalam sehari, atau 2.5 jam seminggu.






Latihan fisik idealnya dapat mewakili tiga kategori berikut: Cardiorespiratory fitness, Stretching, dan Strengthening, semuanya dapat dilakukan di rumah. Bahkan di acara ini juga ada games di mana kami peserta mempraktekkan gerakan-gerakan tersebut di setiap sudut rumah. Saya kebagian olahraga di kamar tidur, di mana pagi hari setelah suhu tubuh naik (disarankan tidak langsung setelah bangun tidur, namun menunggu sebentar, atau setelah ke toilet pagi hari) kami bisa melakukan stretching di tempat tidur, dilanjutkan cardio di lantai, misal gerakan plank, dan latihan Strengthening bisa dilakukan seperti gerakan menggosok punggung dengan memegang handuk. Intinya, di rumah itu bisa ngapa-ngapain jadi nggak hanya duduk diem di depan komputer, bisa naik turun tangga, atau berlari keliling rumah. Yang tinggal di apartemen seperti saya bagaimana? Tentu saja lari keliling taman juga bisa kan tinggal turun saja, jadi nggak ada alasan untuk tidak berolahraga. 

Secara keseluruhan, acara ini sangat bermanfaat, khususnya buat saya pribadi yang pekerjaan banyak menuntut harus duduk di depan komputer. Saya jadi tahu bahwa gaya hidup sedentari ternyata berbahaya dan tidak bisa dianggap remeh, dan ini tidak hanya mengancam Indonesia saja, namun juga seluruh dunia. Dengan kesadaran yang dimulai dari diri sendiri, kita bisa membantu mewujudkan kehidupan yang lebih sehat, mulai dari saya, keluarga, dan masyarakat.





Oh iya, masih dalam rangka kampanye "Ayo Indonesia Bergerak" Anlene mengadakan estafet dari Yogyakarta ke Jakarta untuk menginspirasi masyarakat Indonesia bergerak lebih aktif untuk melawan gaya hidup sedentari. Sebanyak 250 pelari dan pesepeda dilepas untuk melakukan perjalanan sejauh 600 KM ke Jakarta melewati sejumlah kota seperti Kebumen, Purwokerto, Ciamis, Bandung, dan Bogor pada peluncuran di Yogyakarta 8 April 2018 lalu. Dan nanti puncaknya adalah 22 April 2018 di Jakarta Car Free Day. Kegiatan ini bisa dipantau juga lewat media social Anlene di Facebook dan Instagram. Mumpung belum berakhir kita bisa ajak teman-teman untuk ikut serta dalam kegiatan ini.

A post shared by Anlene Indonesia (@anlene_indonesia) on


Bicara soal mengubah gaya hidup menjadi lebih aktif, tentunya dibutuhkan asupan nutrisi supaya kita nggak hanya sekedar bergerak, tapi kebutuhan gizi juga tercukupi. Untuk itu Anlene menghadirkan asupan gizi dalam bentuk susu. Anlene ini bukan susu biasa, melainkan susu berkalsium tinggi yang rendah lemak diformulasikan dengan Formula Movemax yang mengandung Kalsium, Kolagen, Protein serta berbagai Vitamin dan Mineral untuk wanita dan pria, juga tersedia kemasan UHT sehingga praktif jika mau dibawa ke mana-mana.






Buat detail selengkapnya, bisa klik di website Anlene, jangan lupa sekalian lihat-lihat produknya, rasanya sekarang lebih enak juga lho.

Terima kasih kesempatannya sudah bisa hadir di acara yang bermanfaat ini.

See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

Kiat Mencegah Penyakit Tidak Menular Bersama Anlene Kiat Mencegah Penyakit Tidak Menular Bersama Anlene Reviewed by Innova Carolina on 2:21 AM Rating: 5

2 comments:

  1. Seru banget ya mbak program-program Anlene, kegiatan positif seperti ini perlu bgt diikuti oleh semua masyarakat

    ReplyDelete
  2. seru banget ya program programnya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.