Friday, May 11, 2018

6+1 Cara Menjaga Berat Badan Ideal Tanpa Mengurangi Makan

Semua orang pasti menyukai berat ideal, apalagi sekarang berat ideal itu goals-nya bukan semata-mata demi sehat, tapi juga untuk menghindari lelah hati akibat nyinyiran netijen maha benar di dunia maya. Apalagi pas reuni ketemu teman lama yang nggak basa-basi suka nanya, kok gendutan? Asyemm banget kan.

Ini penampilan sekarang tahun 2018, 170 cm, 55.5 kg.


Kalau saya sih menyukai tubuh dengan berat ideal supaya lebih sehat, dan badan lebih enteng ke mana-mana. Kalau berat badan itu ideal maka gerakan saya jadi lebih cepat, berguna pas lagi di jalan sama anak-anak, apalagi di mall jagain mereka naik turun eskalator. Goals saya bukan supaya kurus,  selain bergerak lebih cepat, juga supaya tidak berganti ukuran baju yang sekarang S menjadi M, jadi hemat kalau beli baju bisa pakai ukuran lama saja. Jadi kalau berat badan tidak naik, dana beli baju baru otomatis berkurang, uangnya bisa dipakai beli yang lain.


Ini saya di tahun 2015 sedang hamil anak kedua:
A post shared by Innova Carolina (@innovamei) on


Cara menghitung berat ideal
Terkadang merasa gemuk atau kurus itu ternyata belum tentu ideal. Buat yang mau tahu biar tidak perlu ribet install aplikasi, cara menghitung berat ideal adalah sebagai berikut:

Pria : Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%] 

Wanita : Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

Jadi misalkan saya, tinggi badan saat ini 170 cm, maka berat badan idealnya adalah [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%] = [170) – 100] – [(170 – 100) x 15%] dan hasilnya adalah 59.5 kg. Berat badan saya saat ini 55.5 kg. Dibilang kurus ya enggak, namanya juga sudah jadi ibu-ibu, tapi jadi ibu dua anak bukan berarti berhenti diet dan menjaga berat badan.

Ini 3 bulan setelah melahirkan:



Mempertahankan berat badan ideal itu termasuk susah, kalau saya pribadi biasanya maintain di 55-56 kg karena jika lebih berat dari itu maka wajah saya kelihatan chubby dan berlemak di bagian leher, walaupun beratnya masih ideal. Jadi buat saya pribadi berat badan ideal itu memang sengaja diturunkan sedikit lagi supaya tidak chubby.

Apalagi buat saya yang sehari-hari hanya ibu rumah tangga, kebanyakan pekerjaan duduk di depan komputer, dan hampir tidak pernah olahraga. Sebisa mungkin timbangan nggak ke kanan, dan sampai saat ini syukur termaintain dengan baik selama beberapa tahun terakhir. Karena kurang exercise, maka lemak kebanyakan menumpuk di pinggang dan perut. Kalau saya tidak menjaga berat badan, atau membiarkan 1-2 kg saja naik, maka perut terlihat buncit dan nggak enak dilihat. Mending kalau lemak mengalir ke dada, nah ini ke perut.

Ini foto tahun lalu, tahun 2017
Still on my shape after having two kids, not too skinny, but fit my jeans size 29. #sombong #mirrorselfie #์…€์นด #์…€์Šค๋‹ค๊ทธ๋žจ #์ธ์Šคํƒ€๊ทธ๋žจ #selca #์ผ์ƒ #๋ฐ์ผ๋ฆฌ #๋ฐ์ผ๋ฆฌ๋ฃฉ #์–ผ์งฑ #์…€ํ”ผ #ํ•œ๊ตญ #ํ•œ๊ตญ์–ด #์ฃผ๋ง #ํ•œ๊ตญ์–ด๋ฐฐ์šฐ๊ธฐ #์ฑ…์Šคํƒ€๊ทธ๋žจ #์ธ์Šคํƒ€๋ฐ์ผ๋ฆฌ #์…€์Šคํƒ€๊ทธ๋žจ #photooftheday #์–ผ์Šคํƒ€๊ทธ๋žจ #๋จน์Šคํƒ€๊ทธ๋žจ #๋จน๋ฐฉ #clozetteid #instalike #๊ฐœ์Šคํƒ€๊ทธ๋žจ #๋ƒฅ์Šคํƒ€๊ทธ๋žจ #bestoftheday #ootdid #ootdindo #ootd
A post shared by Innova Carolina (@innovamei) on
Di artikel ini saya juga mau bagikan tips menjaga berat badan supaya tetap ideal, syukur kalau bisa turun ya.

1. Aktif bergerak
Ini nggak bisa ditawar, dan gerakannya jangan dihitung. Lakukan apa saja, naik turun tangga, menggendong anak, mengganti galon sendiri, dan kegiatan-kegiatan domestik lainnya, tujuannya supaya membakar kalori. Jadi bergerak jangan hanya menunggu olahraga, percayalah saya pun nggak sempat olahraga.

2. Minum air putih
Takarannya pagi bangun tidur 1 gelas, selanjutnya 3x sehari sekali minum 2 gelas. Minum cukup air putih ini bikin BAB jadi lancar sehinggak enggak buncit, juga bagus untuk kulit (khususnya yang nggak sempat pakai banyak skincare).

3. Naik kendaraan umum
Di Jakarta contohnya, kalau naik kendaraan umum seperti busway, otomatis akan banyak jalan, banyak bergerak, sehingga kalori yang terbakar pun jadi lebih banyak. Hindari terlalu banyak naik ojek online, nanti jadi minim gerak loh.

4. Makan bergizi
Makan jangan hanya asal kenyang dan banyak tapi nggak ada gizi, badan kita juga perlu asupan yang baik. Minimal ikuti 4 sehat 5 sempurna jaman dulu, karena itu yang sampai saat ini saya makan juga.

5. Lingkungan yang sehat
Banyak diet yang gagal hanya karena lingkungan yang kurang sehat. Godaan untuk makan makanan yang tidak sehat jadi lebih besar. Mulailah dengan menyingkirkan makanan dan camilan kurang bergizi yang ada di dalam kulkas. Ganti dengan makanan lain yang lebih bergizi. Selanjutnya, hide postingan-postingan berkalori tinggi di social media.

6. Berpikir positif
Jangan pernah berpikir atau bicara, wah saya minum air saja jadi daging. Perlu banget yakin dan opstimis kalau berat badan ideal itu bisa dicapai!

Sudah melakukan cara-cara di atas? Sama, saya juga, namun ada godaan paling berat yaitu harus mengontrol supaya makan tidak berlebih. Habis gimana dong, kalau lapar?

Bicara lapar ini gampang-gampang susah, karena saya sudah mencoba beberapa model diet, mulau dari diet mayo, diet ketogenic, diet lemak, dan diet-diet lainnya, ternyata tidak bertahan lama karena saya mudah lapar mata! 

Mengatasi lapar mata ini sebetulnya gampang-gampang susah, karena yang nantinya dimakan itu makanan kecil yang kalorinya tinggi. Kalau yang lagi hits mungkin kayak es milo kepal gitu, jangan diremehkan rawit-rawit gitu kalorinya gede lho.Salah satu caranya, sekarang saya mengganti konsumsi cemilan kalori tinggi dengan susu Slim&Fit dari Kalbe. 


Slim&Fit tersedia rasa vanilla dan coklat.


Apa bedanya susu ini dengan susu biasa?
Tinggi Protein: Membantu membangun massa otot serta memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga badan terasa FIT

Tinggi Serat: Memberikan rasa kenyang dan baik untuk pencernaan

Plus Isomaltulosa: Karbohidrat lepas lambat (low GI) yang memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan mengemil

Rendah Lemak Jenuh: 50% lebih rendah dibandingkan produk sejenis

Rendah Gula: 50% lebih rendah dibandingkan produk sejenis. Gula yang digunakan adalah sukralosa yang 0 kalori

Tinggi Kalsium: Menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis

Rasanya enak dan praktis: Tersedia rasa coklat dan vanilla dalam kemasan sachet yang praktis (54 gram)

Kalori terkontrol: Hanya 200 kalori/saji. Cocok dijadikan sebagai pengganti sarapan dan makan malam.




Buat yang mau tetap terjaga berat badannya, ini saran penyajiannya:

Pagi hari 
Slim&Fit + apel 2 buah

Siang hari
Makan siang seperti biasa

Malam
Slim&Fit + apel 1 buah + salad sayuran

Jadi Slim&Fit ini bukan pengganti makanan seutuhnya melainkan pendamping sayur dan buah biar kenyangnya lebih lama dan juga tetap bernutrisi. Kalau saya sih emang nggak diet sampe harus nurunin berat badan banget, tapi buat menjaga berat badan saya sekarang konsumsinya pas sarapan aja minum 1 Slim&Fit selebihnya tetap makan seperti biasa.

Ini kemasannya sebesar 54 gram dan dalam kemasan sachet sehingga praktis dibawa ke mana-mana

Jadi ibu dua anak harus tetap langsing, yay banget!

Rasanya enak, favorit aku yang coklat, manisnya pas!


Buat yang mau nyobain bisa beli di Toko Online Kalbe di mana belanja di Kalbe Store ini selain barangnya diantar kita juga bisa mengumpulkan poin member yang bisa ditukarkan hadiah. Pembelian 3 boks Slim&Fit rasa apa saja bisa dapat diskon 20% dengan kode INNOVA20 bisa digunakan berulang kali. Beli 3 boks juga sudah termasuk ongkir dari Kalbe, jadi nggak usah repot-repot keluar rumah lagi. Kode diskon bisa diaplikasikan setelah login dan mengisi alamat kemudian dilanjukan ke pembayaran.

Ayo lanjutin diet dengan Slim&Fit, jangan kasih kendor!

Kode promo Kalbe Store Diskon 20% minimal belanja 3 kotak Slim&Fit: INNOVA20




Kunjungi Social Media Slim&Fit lainnya di:

· IG Slim&Fit : @slimfitid


· Website: slimandfit.co.id

· Kalbe Store: kalbestore.com


See you in my next post, please drop comment below so we can know your experience too

20 comments:

  1. wah, keren banget ini badannya mbak walau sudah punya dua anak! ❤️ beda banget sama aku yang bleber kemana-mana hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, makannya dijaga banget, kalo kebanyakan saya juga bisa gemuk

      Delete
  2. kalo saya hitung menggunakan perhitungan di atas, kondisi berat saya masih kurang ideal (kurus), kalau kondisinya gini boleh gak ya makan banyak dengan alasan ingin menaikkan berat badan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa kalo mau naik berat badan makan banyak, malah ditambah slim fit biar asupan gizi juga makin bagus

      Delete
  3. Kalo aku dietnya puasa senin kamis dan banyak jalan kaki ๐Ÿ˜ƒ mau coba slim fit ah! Buat sahur (tapi makan tetep huehehe) kayaknya enak ๐Ÿ˜‹

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banyak jalan kaki juga ngaruh banget di saya, ngga bikin paha gedhay

      Delete
  4. Wah yang 6 itu memang sudah seharusnya demikian ya.
    Yang plus satunya itu baru tahu. Hihihi...
    Kalo saya sebagai cowok bomber (pernah 1 kwintal).
    Cukup dengan mengatur pola makan saja. Plus satu. Cut carbo.
    Alhamdulillah, sekarang stabil di 80 sd 84 kg saja.

    ReplyDelete
  5. Suka banget sama susu ini. Buat aku yang istimewa dari susu ini di kandungan kalsiumnya. Kerasa lo Mbak efeknya ke aku yang sering begadang trus suka ngilu di sendi karena kurang kalsium.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya ya? aku juga suka begadang haha

      Delete
  6. Perlu dicoba nih. Tapi boleh gak tips ini untuk bapak-bapak seperti saya? Saya ada masalah dengan perut yang buncit, bukan warung buncit di Mampang Jaksel ya hehehe......terima kasih infonya. Salam

    ReplyDelete
  7. Begitu panjangnya perjalanan menuju berat tubuh nan ideal ya kak.tapi yakinlah kalau dijalani akan sampai juga.krn berjalan itu membakar kalori ya.apalagi ada slim and fit makin ringan perjalanan

    ReplyDelete
  8. Penasaran rasa Slinm n Ft katanya enak terutama yang coklat. Kyknya oke nih kalau diminum saat badan udah menggendut hehe

    ReplyDelete
  9. Wah langsing betulan mba.. saya juga sebetulnya engga gemuk, tapi perut agak besar walau enggak terlalu buncit sih..wkwkwk (efek hamil 8 kali mungkin..) Bisa engga ya dikecilin pke ini ..:)

    ReplyDelete
  10. Aish tinggi berjenjang dirimu kak. BB kurang nggak sih dengan tinggi 170cm gitu. Aku pas akh 56kg dengan tinggi 159 hahaha

    ReplyDelete
  11. wah badan ideal dambaan nih..mau ah coba tipsnya..

    ReplyDelete
  12. punya dua anak tapi badanmu ttp bagus! hebat banget T_T

    ReplyDelete
  13. Wahhh kalau aku anak satu body blom bisa turun seperti semula neh hehehe.

    ReplyDelete
  14. Mau deh berat badan ideal pengen balik ke 45 kg lagi..tapi butuh perjuangan

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...